Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SISWA MENGENAL NUSANTARA: 20 Pelajar Asal Jakarta Pelajari Kebudayaan Suku Dayak di Loksado

Loksado bisa jadi nama asing bagi pelajar asal Jakarta. Melalui program Siswa Mengenal Nusantara, mereka berkesempatan mengenali loksado dan masyarakat Suku Dayak di sana.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Agustus 2016  |  14:28 WIB
Sejumlah siswa mengunjungi pelabuhan milik PT Inalum Kuala Tanjung Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Selasa (2/8/2016). Sebanyak 19 siswa terbaik tingkat SMA/SMK asal Sulawesi Barat tersebut mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN. - Antara/Septianda Perdana
Sejumlah siswa mengunjungi pelabuhan milik PT Inalum Kuala Tanjung Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Selasa (2/8/2016). Sebanyak 19 siswa terbaik tingkat SMA/SMK asal Sulawesi Barat tersebut mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN. - Antara/Septianda Perdana

Kabar24.com, BANJARMASIN - Loksado bisa jadi nama asing bagi pelajar asal Jakarta. Melalui program Siswa Mengenal Nusantara, mereka berkesempatan mengenali loksado dan masyarakat Suku Dayak di sana.

Sebanyak 20 pelajar dari Jakarta yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Banjarmasin bakal menginap di Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, untuk mengenal kehidupan dan budaya warga suku Dayak di daerah tersebut.

Penanggungjawab SMN Banjarmasin - Jakarta Khairul dari PT Dana Reksa di Banjarmasin, Minggu (7/8/2016) mengatakan, ke-20 pelajar dari Jakarta tersebut bakal datang ke Banjarmasin pada Senin (8/8/2016).

Selanjutnya, para pelajar akan mengikuti program SMN yaitu program untuk mengenal berbagai potensi daerah di Kalimantan Selatan, dari sosial budaya, ekonomi hingga sejarah tentang Kalimantan Selatan.

"Untuk lebih mengenal kondisi sosial budaya Kalimantan Selatan, para siswa berprestasi tersebut, juga akan menginap di Loksado selama dua hari," katanya.

Di Loksado, para pelajar yang akan berada di Kalsel mulai 9 - 17 Agustus tersebut, juga akan diajak ke pusat industri kayu manis, pusat pengolahan kayu manis sampai jadi sirup, melihat industri kerajin anyaman khas Dayak dan potensi Kalsel yakni Bambu Rafting, air terjun Haratai dan kolam air panas Tanuhi.

Pelajar Jakarta yang mengikuti SMN di Kalsel ini, bakal mengikuti berbagai kegiatan yang akan digelar, seperti jalan sehat, nonton layar tancap, mengunjungi Meseum Lambung Mangkurat, Meseum Waja Sampai Kaputing, dan ke beberapa fasilitas umum di daerah ini.

Selain itu, juga diajak ke Kampung Inggris Mandastana Batola, melihat potensi perikanan rawa dan kebun jeruk, juga taman budaya banjarmasin untuk melihat sejumlah kesenian Banjarmasin dan Kalsel.

"Jadi nantinya, para pelajar tersebut tidak akan kita inapkan di hotel, tetapi di mess, dan di rumah penduduk, sehingga mereka benar-benar bisa belajar dan mengenal tentang kehidupan masyarakat Banjar secara langsung," katanya.

Selain dari Jakarta, sebanyak 20 orang pelajar SMA se-Kalsel juga bakal bertolak ke Jakarta untuk mengikuti SMN di Jakarta, untuk menyaksikan berbagai budaya dan kehidupan di ibu kota tersebut.

Menurut Khairul, ke 20 orang perajar tersebut, merupakan pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu, serta dari siswa penyandang disabilitas yang diseleksi oleh dinas pendidikan setempat.

"Dari 20 orang pelajar yang kita berangkatkan tersebut, dua orang pelajar di antaranya merupakan penyandang disabilitas," katanya.

Menurut Khairul, untuk BUMN di Kalsel yang ditunjuk untuk panitia SMN ini, yakn PT Jasindo dan Dana Reksa, rencananya penyambutan akan dilakukan pada Senin (8/8) di Hotel Golden Tulip, sedangkan untuk pemberangkatan 20 pelajar dari Kalsel ke Jakarta, akan dilakukan di Rumah Makan Parahyangan Resto Banjarbaru, Senin pagi.

Program Siswa Mengenal Nusantara ini, merupakan salah satu dari puluhan rangkaian kegitan BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka menyambut HUT ke 71 RI 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan dayak SISWA MENGENAL NUSANTARA

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top