Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAUT CHINA SELATAN: Jelang Pensiun, Obama Kirim Utusan Tenangkan China

Penasihat Keamanan Nasiona Amerika Susan Rice akan mendesak Beijing minggu depan untuk menghindari ekskalasi di Laut China Selatan ketika dia melaksanakn kunjungan tingkat tinggi Amerika ke China setelah pengadilan internasional menolak klaimnya terhadap wilayah perairan strategis di sana.
Barack Obama/Reuters
Barack Obama/Reuters

Kabar24.com,WASHINGTONPenasihat Keamanan Nasiona Amerika Susan Rice akan mendesak Beijing minggu depan untuk menghindari ekskalasi di Laut China Selatan ketika dia melaksanakn kunjungan tingkat tinggi Amerika ke China setelah pengadilan internasional menolak klaimnya terhadap wilayah perairan strategis di sana.

Rice dalam sebuah wawancara dengan Reuters bersumpah bahwa militer Amerika akan melanjutkan pelayaran di Laut China Selatan meskipun China mengingatkan bahwa patroli Amerika dapat berakhir dengan bencana.

Namun demikian, kurang dari enam bulan jelang berakhirnya pemnerintahan Presiden Barack Obama, misi diemban Rice dalam perjalanannya pada 24-27 Juli nanti adalah mempertahankan hubungan dengan China. “Saya akan ke sana untuk meningkatkan kerja sama,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/7/2016).

Perjalannya ke Beijing dan Shanghai, akan bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS John Kerry ke Laos dan Filipina yang diharapkan bisa memastikan komitmen dua negara dari Asia Tenggara tersebut.

Amerika Serikat juga menggelar diplomasi diam-diam untuk meyakinkan pengklaim lain seperti Filipina, Indonesia, dan Vietnam untuk tidak melakukan tindakan agresif dealam memanfaatkan putusan pengadilan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper