Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pusat Batalkan 150 Perda Penghambat Investasi di Jatim

Sejumlah sekitar 150 peraturan daerah dan peraturan kepala daerah yang dibatalkan ada di Provinsi Jawa Timur. Ratusan regulasi ini bagian dari 3.143 perda yang dibatalkan pemerintah pusat.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 15 Juni 2016  |  23:51 WIB
Pusat Batalkan 150 Perda Penghambat Investasi di Jatim
Birokrasi - Ilustrasi/Bisnis

Kabar24.com, SURABAYA - Sekitar 150 peraturan daerah dan peraturan kepala daerah yang dibatalkan ada di Provinsi Jawa Timur. Ratusan regulasi ini bagian dari 3.143 perda yang dibatalkan pemerintah pusat.

Kepala Biro Hukum Pemprov Jawa Timur Himawan Estu Bagyo menyatakan 150 peraturan tersebut ada yang sudah ditandatangani sejumlah 105 perda selebihnya sedang menunggu pengesahan. “Masih ada 45 perda lagi yang sedang menunggu,” ucapnya ditemui Bisnis, di Surabaya, Rabu (15/6/2016).

Secara umum perda yang dibatalkan tersebut mengarah kepada empat hal. Pertama, terkait regulasi bersangkutan sudah keluar undang-undang barunya. Kedua, kewenangannya sudah dipindahkan. Selain ini juga dipengaruhi adanya putusan mahkamah konstitusi. Poin terakhir ialah menghambat investasi.

Sekarang sedang diturunkan lagi tim khusus ke empat kabupaten di Madura, serta ke Situbondo, Bondowoso, Kota Blitar, dan Banyuwangi. Andaikan dari masih-masing lokasi ditemukan lima beleid yang perlu dibatalkan maka totalnya jadi 40, sehingga kumulatif perda yang dibatalkan di Jatim bisa mencapai 190 perda.

“Pembatalan-pembataln perda ini malah bisa memperlancar arus investasi, karena beban-beban yang sebelumnya ada jadi hilang. Seperti izin HO yang ternyata tidak perlu perpanjangan selama kegiatannya masih sama,” ucap Himawan.

Sejumlah daerah dengan perda yang dibatalkan terbanyak ialah Kabupaten Pacitan sebanyak sembilan peraturan daerah, Kabuaten Lamongan delapan perda, Kabupaten Madium enam perda, Kabupaten Gresik enam perda, Kabupaten Pasurauan enam perda, Kabupaten Mojokerto enam perda, dan Kota Mojokerto enam perda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perda
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top