Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERUSAHAAN APLIKASI: Digadang-Gadang Jadi yang Terbesar, Ini Nilai IPO Line

Line Corp, perusahaan asal Jepang, sedang mempersiapkan rencana penawaran saham perdana (IPO) yang digadang-gadang bisa jadi aksi penawaran terbesar bagi perusahaan teknologi tahun ini.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 06 Juni 2016  |  17:34 WIB
Layanan konten data multimedia alias over the top (OTT) yang berjalan melalui jaringan internet. - Ilustrasi/saveonshop.com.ph
Layanan konten data multimedia alias over the top (OTT) yang berjalan melalui jaringan internet. - Ilustrasi/saveonshop.com.ph

Bisnis.com,JAKARTA - Line Corp, perusahaan asal Jepang, sedang mempersiapkan rencana penawaran saham perdana (IPO) yang digadang-gadang bisa jadi aksi penawaran terbesar bagi perusahaan teknologi tahun ini.

Menurut seorang sumber, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (6/6/2016) perusahaan yang menjadi otak dari salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di Asia ini berencana untuk melakukan IPO di Jepang dan New York pada pertengahan atau akhir Juli dengan tujuan mereguk dana senilai US$1 miliar hingga US$2 miliar dengan kisaran valuasi perusahaan antara US$5 miliar dan US$6 miliar.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo tersebut bermaksud mendapatkan separuh dari dana IPO tersebut dari investor Amerika seiring dengan rencana ekspansi jangka panjangnya untuk merambah negeri Paman Sam tersebut setelah berhasil menggenggam Asia Tenggara.

Saat ini Line sudah menjadi perusahaan yang mampu menghasilkan profit dan hal ini diharapkan akan menjadi fokus para investor ketika perusahaan tersebut memulai roadshow-nya pada akhir bulan ini.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, jika perusahaan tersebut berhasil mencapai tujuannya, Line akan menjadi perusahaan teknologi dengan penawaran tertinggi tahun ini.

Sejauh ini belum pernah ada usaha dari sektor teknologi yang mampu meraup lebih dari US$150 juta dalam IPO di 2016 kendati lebih dari 160 perusahaan swasta saat ini bernilai sekitar US$1 miliar atau bahkan lebih.

Debut pasar akan dilakukan dua tahun setelah Line mengajukan aplikasi untuk terdaftar di bursa saham Tokyo pada Juli 2014. Nomura Holdings Inc., JPMorgan Chase&Co., Morgan Stanley and Goldman Sachs Group Inc mejadi underwriter dalam aksi IPO ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo line pesan instan

Sumber : Bloomberg

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top