Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lanjutkan Buru Santoso dan Kelompoknya, Operasi Tinombala Kembali Diperpanjang

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan bahwa Operasi Tinombala diperpanjang hingga 90 hari atau sampai 8 Agustus 2016.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 25 Mei 2016  |  20:45 WIB
Sejumlah personel Brimob menaiki kendaraan untuk memburu kelompok Santoso di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (24/3/2016). - Antara/Edy
Sejumlah personel Brimob menaiki kendaraan untuk memburu kelompok Santoso di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (24/3/2016). - Antara/Edy

Kabar24.com, JAKARTA – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan bahwa Operasi Tinombala diperpanjang hingga 90 hari atau sampai 8 Agustus 2016.

Perpanjangan operasi perburuan kelompok teroris Santoso di Poso, Sulawesi Tengah itu karena hingga saat ini masih belum tuntas.

“Operasi Tinombala yang kemarin diperpanjang dan berlangsung sampai tanggal 8 Agustus,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Kapolda Sulawesi Tengah Rudy Sufariadi menjabarkan kesulitan yang dialami kepolisian dan TNI menumpas habis kelompok teroris Santoso.

Meski saat ini personel yang diturunkan sekitar 2.000 anggota untuk mengejar 22 orang kelompok teroris Santoso, dia mengaku masih kesulitan.

Sebab kelompok Santoso menggunakan taktik gerilya di medan yang sangat sulit, yakni di pegunungan di kawasan Poso, Sulawesi Tengah.

Dengan taktik gerilya dan medan seperti saat ini dia mengaku semakin sedikit teroris yang dicari, akan semakin sulit ditemukan.

“Mereka menggunakan teknik gerilya kami pun menggunakan teknik antigerilya dengan memecah anggota,” jelasnya.

Menurut Rudy cara tersebut terbukti cukup efektif, karena hingga saat ini sudah ada 15 anggota kelompok teroris Santoso yang berhasil diamankan. “Empat ditembak, 11 ditangkap.”

Kabar terakhir, dalam baku tembak Operasi Tinombala, petugas berhasil menembak 3 anggota Kelompok Santoso.

Dua sudah dipastikan, sementara satu lagi masih diduga kuat sebagai anggota kelompok Santoso.

Operasi Tinombala dimulai sejak 10 januari 2016. Awalnya operasi perburuan teroris ini dijadwalkan hanya berlangsung 60 hari. Namun karena belum juga rampung, operasi ini terus dilanjutkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Operasi Tinombala
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top