Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Walhi Jambi Tuding Aktivitas Tambang PT Antam Cemari 95 Anak Sungai

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi menganalisis bahwa lima sungai besar dan 95 anak sungai di Kabupaten Sarolangun, Jambi, telah tercemar akibat aktivitas pertambangan PT Antam.
Bantaran sungai/Ilustrasi-Antara
Bantaran sungai/Ilustrasi-Antara

Kabar24.com, JAMBI - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi menganalisis bahwa lima sungai besar dan 95 anak sungai di Kabupaten Sarolangun, Jambi, telah tercemar akibat aktivitas pertambangan PT Antam.

Direktur Walhi Jambi, Musri Nauli, di Jambi Senin (23/5/2016), menegaskan aktivitas tambang PT Antam yang mengunakan bahan kimia berdampak di daerah hilir sungai Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun.

Berbagai jenis ikan di sepanjang aliran Sungai Mempenau, Sungai Ampar, Sungai Batang Asai, dan Sungai Sako Merah terkena dampak dari aktivitas pertambangan tersebut. 

Pembuatan jalan dan memotong 15 anak sungai juga ikut membawa pengaruh pada pengurangan debit air Sungai Batang Tangkui yang digunakan oleh masyarakat di 11 desa.

Musri Nauli juga mengatakan aktivitas perusahaan di hulu sungai berdampak negatif pada warga setempat. Seperti munculnya penyakit gangguan saluran pernapasan, diare, alergi kulit, minamata atau sindrom kelainan fungsi saraf yang disebabkan oleh keracunan akut air raksa dan kemudian darah tinggi, asma, paru-paru, jantung dan kolestrol. .

Walhi juga menyebut selain kerusakan lingkungan khususnya aliaran sungai, juga lahan pertanian di dua Kabupaten Merangin dan Sarolangun juga dipastiakan akan rusak akibat akitivitas PT Antam.

Walhi Jambi akan terus menolak seluruh atktivitas PT Antam yang kantornya berpusat di Kabupaten Merangin, kata Musri Nauli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper