Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelestarian Gunung Sewu Libatkan 3 Kabupaten Dari 3 Provinsi Ini

Pengembangan dan pelestarian Gunung Sewu Unesco Global Geopark di Bidang Pendidikan melibatkan tiga provinsi yang ditandai dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoU) di Museum Karst Paracimantoro Wonogiri.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 18 Mei 2016  |  19:55 WIB
Area Gunungsewu - Antara
Area Gunungsewu - Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Pengembangan dan pelestarian Gunung Sewu Unesco Global Geopark di Bidang Pendidikan melibatkan tiga provinsi yang ditandai dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoU) di Museum Karst Paracimantoro Wonogiri.

Tiga kabupaten dimaksud meliputi tiga provinsi yakni Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Pacitan.

Penandatangan dari Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Wonogiri diwakili Kadisdik Prov Jateng dan Kadisdik Kab Wonogiri, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Pacitan diwakili Kadisdik Prov Jatim dan Kadisdik Kab. Pacitan, sementara DIY diwakili oleh Kadisbudparpora Prov DIY dan Kadisbudparpora Kab Gunung Kidul, disaksikan oleh Sekda Kabupaten Wonogiri Suharno.

Dalam kegiatan tersebut, Suharno mengatakan bahwa Geopark Gunung Sewu menjadi satu-satunya geopark yang berada di tiga wilayah kabupaten dan provinsi.

Dia berharap pemaksimalan fungsi geopark di bidang edukasi, karena banyak pelajaran sejarah yang dapat dipetik oleh anak- anak.

“Ada 32 geosite yang ada di Gunung Sewu sebagai member Unesco Global Geopark, kita adalah satu kesatuan jangan sampai kita terkotak-kotak dalam pengelolaannya,” kata Suharno seperti termuat dalam laman resmi Kabupaten Wonogiri, Rabu (18/5/2016).

Lebih lanjut, dia mengatakan pentingnya mewujudkan wisata yang berkesinambungan antartiga daerah, sehingga ketika wisatawan mengunjungi geoprak di Gunung Kidul bisa diteruskan untuk ke Wonogiri sampai Pacitan sehingga upaya pengembangan dan pelestarian tidak menjadi sia-sia dan dapat dikenal dan memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Wonogiri sendiri telah menyiapkan pondok/homestay di sekitar Kawasan Museum Kars untuk para pelajar ataupun peneliti yang akan belajar lebih dalam keberadaan situs geologi baik gua, kondisi alam maupun budaya.

Dia berharap ada campur tangan pemerintah provinsi melalui kebijakan agar sekolah-sekolah dapat berkunjung ke obyek wisata edukatif di daerahnya terlebih dahulu sebelum melakukan studi wisata keluar kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung unesco
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top