Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang Akhir Pekan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Membeludak

Memasuki hari ketiga libur panjang akhir pekan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu mengalami lonjakan dari dua hari sebelumnya.
Kemacetan di pintu keluar Kebun Raya Bedugul/Feri Kristianto
Kemacetan di pintu keluar Kebun Raya Bedugul/Feri Kristianto

Bisnis.com, BOGOR - Memasuki hari ketiga libur panjang akhir pekan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2016) mengalami lonjakan dari dua hari sebelumnya.

"Hari ini ada lonjakan jumlah pengunjung mencapai 9.228 orang baik domestik maupun wisatawan asing," kata Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar di Bogor, Sabtu.

Upun merincikan jumlah kunjungan hari ini tercatat sebanyak 9.159 orang pengunjung domestik, 69 wisatawan asing. Sementara itu jumlah kendaraan yang parkir sebanyak 582 mobil, 587 sepeda motor dan 37 sepeda.

Ia mengatakan, selama libur panjang kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Bogor mengalami peningkatan dari hari ke hari. Hari pertama libur panjang Kamis (5/5) jumlah pengunjung terdiri atas 7.290 domestik, 88 wisatawan asing, 536 unit menggunakan sepeda motor dan 54 pengguna sepeda.

Sedangkan di hari kedua libur panjang Jumat (6/5), jumlah pengunjung tercatat sebanyak 8.148 domestik, 72 wisatawan asing, 378 sepeda motor da 32 sepeda.

"Banyak masyarakat memanfaatkan momen akhir pekan di libur panjang untuk berwisata bersama keluarga," katanya.

Menurut dia, beberapa pengunjung memilih berwisata ke Kebun Raya Bogor karena lokasinya yang mudah dijangkau dekat dengan ibu kota. Kebanyak mereka yang datang berlibur terdiri dari keluarga.

Ia menambahkan, selama libur panjang ini, pengelola Kebun Raya Bogor tidak menaikkan harga tiket masuk. Tiket berlaku sesuai dengan peraturan pemerintah, untuk anak usia empat tahun ke atas, dengan tarif Rp 14.000 per orang. Tiket juga sudah termasuk asuransi bagi pengunjung.

Seperti sebelumnya, suasana kepadatan pengunjung Kebun Raya Bogor terlihat dari luar kebun yang memiliki luas sekitar 67 hektar tersebut.

Ratusan kendaran roda empat terparkir di sepanjang bahu jalan sebelah kanan dari pintu utama Kebun Raya depan Pasar Bogor hingga pintu dua di depan Kantor Pos Jl Juanda.

Kendaraan terparkir didominasi mobil pribadi, mereka menggunakan bahu sisi kanan jalan untuk parkir. Kebanyakan yang terparkir menggunakan plat kendaraan B, F, dan beberapa ada yang berplat D, Z dan E.

Aktivitas keluar masuk pengunjung di pintu utama Kebun Raya depan Pasar Bogor membuat arus lalu lintas dari arah Jl Oto Iskandar Dinata menuju Jl Juanda melambat. Selain tempat turun penumpang, juga aktivitas penyebrangan pengunjung yang ingin ke kawasan pecinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper