Wisatawan Pulau Menjangan Bali Diimbau Jaga Kelestarian Koral

Para pelaku pariwisata di kawasan Pulau Menjangan Bali diimbau untuk turut menjaga kelestarian ekosistem koral di salah satu destinasi wisata bahari tersebut.
Natalia Indah Kartikaningrum | 02 Mei 2016 02:04 WIB
Seorang mengamati terumbu karang di perairan Pulau Hoga, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara - Antara

Bisnis.com, SINGARAJA - Para pelaku pariwisata di kawasan Pulau Menjangan Bali diimbau untuk turut menjaga kelestarian ekosistem koral di salah satu destinasi wisata bahari tersebut.

Gede Suardika, salah satu pemandu wisata di Pulau Menjangan, mengatakan sekarang ini coral bleaching [fenomena pemutihan karang] merupakan fenomena kerusakan ekosistem laut yang tidak bisa dihindari.

“Karena perubahan iklim, maupun polusi yang tidak berkurang, yang menyebabkan coral bleaching juga terjadi di kawasan perairan Pulau Menjangan sekarang ini,” ungkapnya saat ditemui di kawasan Pulau Menjangan, Minggu (1/5/2016).

Dia menambahkan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya guna menjaga kelestarian koral disana adalah dengan mengedukasi wisatawan yang datang dan melakukan aktivitas laut di sekitar Pulau Menjangan.

“Kami selalu memberi pengetahuan kepada wisatawan mana koral yang sudah terkena bleaching dan yang belum. Kemudian kami juga mengedukasi mereka untuk berhati-hati agar tidak menginjak koral atau merusaknya,” terangnya.

Selain itu, para nelayan yang mengantarkan wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving diimbau untuk tidak menggunakan jangkar yang dapat merusak habitat koral. Pihaknya juga melakukan konservasi koral secara swadaya maupun bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.

“Sebagian koral di perairan Menjangan ini sudah terkena bleaching dan kami menanam koral-koral muda di area yang mengalami bleaching agar terjadi regenerasi koral. Kami harapkan upaya ini mampu mengembalikan ekosistem koral yang sehat di perairan Menjangan,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
terumbu karang

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top