Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalimantan Timur Kekurangan Tenaga Medis

Provinsi Kalimantan Timur saat ini membutuhkan tenaga kesehatan yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.
Ilustrasi kegiatan tenaga medis/Reuters
Ilustrasi kegiatan tenaga medis/Reuters

Bisnis.com, SAMARINDA - Provinsi Kalimantan Timur saat ini membutuhkan tenaga kesehatan yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali mengatakan Pemprov Kaltim memberikan perhatian serius terhadap pembangunan sektor kesehatan, agar masyarakat Kaltim mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas.

Saat ini sejumlah upaya dilakukan dalam percepatan pembangunan kesehatan. Salah satunya adalah mencetak maupun meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan baik yang dilakukan oleh sekolah tinggi dan akademi bidang kesehatan di Kaltim.

"Eksistensi para tenaga kesehatan sangat diharapkan di lingkungan masyarakat, karena dari banyak kasus kematian, umumnya karena tidak sempat tertolong oleh tenaga kesehatan. Karena itu, Pemprov Kaltim menaruh perhatian yang tinggi untuk meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan dengan memberikan layanan kesehatan maksimal kepada seluruh masyarakat," ujarnya pada Rabu (27/4/2016).

Menurutnya, setiap daerah harus ada pusat layanan kesehatan masyarakat yang dapat menjangkau hingga di pelosok desa dan pedalaman.

Dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemprov Kaltim terus berusaha menyediakan fasilitas kesehatan, terutama Puskesmas dan Puskesmas Pembantu serta Puskesmas keliling.

Untuk mendukung jalannya pelayanan kesehatan di lingkungan masyarakat, ujar dia, pihaknya meminta dukungan dari sekolah tinggi maupun akademi keperawatan, kebidanan, dan subsektor kesehatan lainnya agar dapat menyediakan tenaga medis yang merupakan lulusan sekolah tinggi maupun akademi kesehatan yang ada.

"Tenaga medis kita jumlahnya sudah mulai bertambah, namun perlu terus ada penambahan. Untuk mengatasi keterbatasan tenaga medis, kita memberikan paket bantuan beasiswa bagi mahasiswa kedokteran, keperawatan dan kebidanan untuk mau ditempatkan di daerah," kata Bere.

Dia menilai tenaga kesehatan yang andal dan profesional sangat penting menjadi perhatian, karena mereka yang tidak profesional, yang lambat dan tidak tanggap dalam pelayanannya, pasti akan ditinggalkan orang.

Pada dasarnya masyarakat akan mencari alternatif layanan lain yang lebih baik. "Oleh karena itu, lembaga dan institutpendidikan bidang kesehatan yang ada di Kaltim, kiranya terus meningkatkan kualitas lulusan, sehingga siap pakai pada saat terjun ke lapangan dan mampu memberi pelayanan berkulitas kepada masyarakat," ucap Bere.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper