Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posisi Matahari Hari Ini Ada di Atas Khatulistiwa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menyatakan, posisi Matahari saat ini tepat di atas garis khatulistiwa sehingga suhu udarapun panas.

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menyatakan, posisi Matahari saat ini tepat di atas garis khatulistiwa sehingga suhu udarapun panas.

"Keberadaan Matahari di garis ekuator (khatulistiwa) banyak menentukan kondisi cuaca di Kabupaten Nunukan, dan kini antara lain menyebabkan perubahan waktu musim hujan," ujar prakirawan BMKG Nunukan, Muhammad Taufik, di Nunukan, Jumat.

"Secara nasional sebenarnya musim hujan dengan intensitas tinggi berlangsung sejak April hingga Juni. Tapi di Kabupaten Nunukan terjadi pergeseran akibat perubahan cuaca secara tiba-tiba," kata dia.

Ia mengatakan, Kabupaten Nunukan berada di garis khatulistiwa (0 derajad Lintang Utara/Lintang Selatan) sehingga suhu udara selain sangat tinggi saat ini juga mengurangi pembentukan awan yang mengandung air..

Muhammad Taufik mengatakan, anomali cuaca ini sangat mempengaruhi Kabupaten Nunukan terletak di pinggir laut dan berada tepat di garis ekuator.

Jika matahari kembali bergeser maka diperkirakan intensitas hujan di Nunukan mulai tinggi pada Mei hingga Juni, kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper