Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 5 'Surga' Bagi Pengemplang Pajak

Beberapa negara yang paling populer yang menawarkan keuntungan finansial berupa bebas pajak penghasilan adalah Bermuda, Monaco, Bahama, Andorra dan Uni Emirat Arab (UEA).
Ilustrasi Monaco Bay/www.skyscrapercity.com
Ilustrasi Monaco Bay/www.skyscrapercity.com

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa negara yang paling populer yang menawarkan keuntungan finansial  berupa bebas pajak penghasilan adalah Bermuda, Monaco, Bahama, Andorra dan Uni Emirat Arab (UEA).

 

Ada sejumlah negara tanpa beban pajak penghasilan, dan banyak dari mereka adalah negara-negara yang sangat menyenangkan  untuk hidup. Namun, mengambil keuntungan dari tinggal di sebuah negara tanpa pajak  penghasilan tidak semudah mengepak koper dan membeli tiket pesawat.

Terutama bagi warga Amerika Serikat. Sebab, sejak dari negaranya, mereka tidak dapat menghindari membayar pajak pendapatan di AS hanya dengan pindah ke negara lain.  Semua warga AS, terlepas dari ke mana mereka memilih untuk tinggal, masih diwajibkan secara hukum untuk mengajukan pajak penghasilan AS dengan cara yang sama seperti jika mereka tinggal di AS.

Satu-satunya pengecualian kecil dalam beberapa kasus adalah mungkin untuk mengecualikan jumlah terbatas dari pendapatan orang asing yang diperoleh dari pajak AS.
Pada 2013, AS memberlakukan pajak pengusiran yang kaku. Misalnya, untuk individu dengan pendapatan bersih lebih dari US$2 juta, jika ingin  meninggalkan kewarganegaraan AS, mereka harus membayar pajak penghasilan atas semua keuntungan modal dari semua aset mereka, seolah-olah semua aset  dijual pada saat melepaskan kewarganegaraan mereka.
Negara yang membebaskan  pajak penghasilan  atau pendapatan memiliki ekonomi yang sebagian besar didorong oleh minyak atau jasa keuangan.

 

1) Uni Emirat Arab
Ada sejumlah negara minyak di Timur Tengah yang tidak memiliki pajak penghasilan, dan UEA dianggap salah satu yang paling menarik, dengan pemerintah dan ekonomi yang relatif stabil. UAE memiliki ekonomi yang berkembang dan lingkungan yang lebih multikultural dari mayoritas negara-negara di Timur Tengah,  baik makan dan hiburan. Juga tersedia fasilitas pendidikan yang sangat baik. Korupsi pemerintah masih perhatian, tapi aturan hukum  diikuti dengan relatif baik.

2)  Bahama
Menikmati manfaat dari tidak harus membayar pajak penghasilan di Bahama tergantung pada tempat tinggal, bukan memperoleh kewarganegaraan, sehingga salah satu negara lebih mudah di mana untuk mengakses kehidupan bebas pajak penghasilan. Seorang individu dapat memenuhi persyaratan residensi dengan membayar  Izin Tinggal Tahunan atau memperoleh status penduduk tetap berdasarkan pembelian real estate di Bahama. Sebagai pulau Karibia, Bahama adalah salah satu yang relatif lebih murah  untuk hidup. Secara keseluruhan, negara ini memiliki infrastruktur dan pelayanan yang baik. Satu bidang di mana layanan dianggap sedikit di bawah par adalah bidang kedokteran. Banyak ekspatriat AS yang telah memilih untuk membuat rumah di Bahama meski masih melakukan perjalanan kembali ke AS untuk perawatan medis yang signifikan. Dan Nassau, seperti banyak daerah wisata, memiliki tingkat kejahatan yang agak tinggi. Namun, secara keseluruhan, Bahama adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk hidup.

3) Bermuda
Bermuda adalah  tujuan bebas pajak di Karibia yang lebih menarik daripada Bahama; Namun,  juga merupakan negara yang jauh lebih mahal  untuk hidup. Lokasinya relatif terisolasi membuat biaya hidup di Bermuda salah satu  paling mahal dari tempat tinggal di dunia Barat. Harga satu  galon  susu antara US$10 dan US$15, dan bahkan sebuah apartemen sederhana yang bagus  US$2.000 per  bulan atau lebih.

Bermuda jauh lebih maju daripada kebanyakan pulau di Karibia, dengan jalan-jalan yang sangat baik dan transportasi  umum. Dan di luar itu, dari pantai pasir merah muda yang terkenal dengan restoran kelas atas, Bermuda dianggap salah satu negara yang paling indah dan menyenangkan di Karibia. Mayoritas ekspatriat AS yang tinggal di Bermuda  bekerja di sektor keuangan yang luas yang ada di negara ini.

4) Andorra
Terletak di pegunungan Pyrenees antara Prancis dan Spanyol, Andorra menghadapi tekanan dari Uni Eropa (UE) untuk lembaga pajak penghasilan, tapi untuk saat ini masih bebas pajak penghasilan. Bahkan  sistem pajak penghasilan,  untuk memenuhi standar Uni Eropa,  memiliki tarif pajak yang sangat rendah.

Lokasi gunung Andorra membuatnya menjadi tempat yang sangat indah. Selain wisata ski, hidup di Andorra relatif tenang dan santai. Andorra terkenal tidak hanya menjadi bebas pajak, tetapi juga untuk pajak pertambahan nilai  (PPN) -gratis juga, fakta itu  membawa banyak orang Eropa  untuk membeli rokok, minuman keras, pakaian atau elektronik. Sesuai dengan sikap ramah-pajak, Andorra terkenal karena memiliki salah satu industri perbankan oofshore yang paling berkembang dengan baik  di dunia.   

5) Monako
Dikenal sebagai taman bermain liburan abadi bagi individu ultra-high-net-worth, Monako telah lama dianggap sebagai salah satu tempat paling indah dan diinginkan untuk tinggal di seluruh Eropa. Terletak di French Riviera, Monaco memiliki luas, marina berkembang dengan baik yang biasanya ditempati oleh  yacht pilihan dari seluruh dunia.

Monaco adalah sebuah negara kota yang tidak lebih besar dari Vatikan. Ini memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah dari negara manapun di dunia. Namun, satu kelemahan adalah Monaco juga merupakan salah satu tempat yang paling mahal di dunia untuk hidup. Harga rumah hampir dua kali lipat, atau lebih,  dari tempat lain di Eropa. Mengakses lingkungan keuangan bebas pajak penghasilan di Monako  sangat cepat tetapi tidak murah. Hukum izin tinggal  dapat diperoleh dalam waktu kurang dari tiga bulan, tetapi membutuhkan setoran  sekitar setengah juta dolar di bank Monaco.(Investopedia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper