Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samadikun Hartono Tertangkap? Ini kata Politisi Gerindra

Politisi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menilai perlunya apresiasi terhadap aparatur negara jika buronan BLBI Samadikun Hartono tertangkap.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Politisi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menilai perlunya apresiasi terhadap aparatur negara jika buronan BLBI Samadikun Hartono tertangkap.

“Tertangkapnya  Samadikun Hartono patut diapresiasi, terlebih penangkapan tersebut bisa dilakukan karena kerja-sama yang baik antar institusi seperti BIN, Kepolisian dan Kejaksaan,” ujarnya dalam rilis yang beredar di awak media, Sabtu (16/4/2016).

Menurutnya, penangkapan tersebut  harus dijadikan momentum bagi penegak hukum untuk terus mengejar buronan BLBI lainnya seperti Lesmana Basuki, Eko Budi Putranto, Hary Matalata, Bambang Sumantri dan lain-lain yang diduga kabur ke China seperti halnya Samadikun.

“Menurut informasi yang kami terima, saat ini buronan BLBI memang mulai lelah kucing-kucingan dengan aparat kita,”tutur anggota komisi III tersebut.
 
Rumornya, tambah Dasco,  sebagian dari mereka justru menjadi korban pemerasan mafia di China karena diketahui bahwa mereka adalah buronan yang dicari pemerintah Indonesia.

“Mungkin saja mereka mulai berfikir dari pada hidup terus dalam kejaran dan diperas lebih baik menyerahkan diri dan menjalani hukuman di Indonesia,”terangnya.

Dasco menghimbau agar Intelijen khususnya BIN harus bisa memanfaatkan situasi ini untuk menangkap sebanyak mungkin buronan pemerintah.

Dia menuturkan agar BIN harus bisa memanfaatkan seluruh jaringan dan hubungan yang mereka miliki untuk mencari informasi detail tentang keberadaan para buronan BLBI tersebut.

Selain itu, hal penting yang harus dilakukan adalah bagaimana melakukan tracking terhadap aset-aset para buronan tersebut.

“Pemulangan para buronan harus paralel dengan pemulangan aset yang mereka bawa kabur selama ini,”tandasnya.

Kendati demikian pihak kepolisian hingga saat ini mengaku tidak mengetahui adanya penangkapan terhadap buronan BLBI, Samadikun Hartono.

“Kami (pihak kepolisian) masih belum tahu adanya penangkapan tersebut,” ujar Irjenpol Agus Riyanto saat dikonfirmasi oleh Bisnis, Jumat malam (15/4/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper