Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Nasional Juga Digelar di Sekolah Luar Negeri

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan Ujian Nasional diselenggarakan pula di Sekolah Luar Negeri (SILN), untuk jenjang SMA/sederajat maupun SMP/sederajat.
Ujian nasional berbasis komputer/Antara
Ujian nasional berbasis komputer/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan Ujian Nasional diselenggarakan pula di Sekolah Luar Negeri (SILN), untuk jenjang SMA/sederajat maupun SMP/sederajat.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Nizam mengatakan komitmen Kemendikbud untuk memberikan layanan fasilitasi ujian nasional di SILN bertujuan memberikan hak yang sama dalam bidang pendidikan ke semua warganya di manapun mereka berada.

“Negara hadir di manapun warganya berada,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Nizam, di Jakarta, Seperti dikutip kemdikbud.go.id, Selasa (5/4/2016).

Terdapat 14 Sekolah Indonesia Luar Negeri yang tersebar di 12 negara. Sementara itu lima diantara sekolah itu menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan selebihnya melaksanakan UN berbasis pensil dan kertas.

Adapun kelima SILN penyelenggara UNBK adalah Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Den Haag, dan Sekolah Indonesia Moskow.

Sementara sembilan SILN yang menyelenggarakan UN berbasis pensil dan kertas adalah Sekolah Indonesia Kairo (Mesir), Sekolah Indonesia Riyadh (Saudi Arabia), Sekolah Indonesia Islamabad (Pakistan), Sekolah Indonesia Yangoon (Myanmar), Sekolah Indonesia Bangkok (Thailand),

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Malaysia), Sekolah Indonesia Tokyo (Jepang), Sekolah Indonesia Damaskus (Syria), dan Sekolah Indonesia Davao (Filipina).

Di Sekolah Indonesia Moskow, hanya terdapat dua peserta untuk UN SMA/sederajat. Namun Kemendikbud melalui Sekolah Indonesia Moskow tetap memberikan layanan pendidikan dengan memfasilitasi kedua siswa tersebut mengikuti ujian nasional. Jumlah peserta yang hampir sama juga juga terdapat pada SMP di Sekolah Indonesia Moskow, yaitu hanya empat orang.

Selain UNBK dan ujian nasional berbasis pensil dan kertas di 12 negara, Kemendikbud juga menyelenggarakan UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK) di empat negara. UNPK itu diselenggarakan di Singapura, Malaysia (Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, dan Kuching), Hongkong (Hongkong dan Makau), dan Saudi Arabia (Riyadh).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper