Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Bantu Somalia Wujudkan Perdamaian, Pembangunan & Keamanan

Hubungan historis antara Cina dan Somalia diprediksikan makin menguat karena kedua negara menjajaki kerja sama di bidang baru yang akan memajukan perdamaian, pembangunan dan keamanan di Negeri Tanduk Afrika itu.
Situasi di Somalia./www.cp24.com
Situasi di Somalia./www.cp24.com
Kabar24.com, NAIROBI - Hubungan historis antara China dan Somalia diprediksi makin menguat karena kedua negara menjajaki kerja sama di bidang baru yang akan memajukan perdamaian, pembangunan dan keamanan di Negeri Tanduk Afrika itu.

Abdurrahman Yusuf, Direktur Lembaga Kantor Berita Nasional Somalia (Sonna), memuji hubungan bilateral lama dengan China yang telah mempercepat rekonstruksi negara itu setelah dua dekade perang saudara.

"Hubungan sejarah China-Somalia telah tumbuh kuat dan ada cukup bukti untuk membenarkan pernyataan ini. Kerja sama kami dengan China selama 50 tahun terakhir melintasi berbagai aspek kehidupan," kata Yusef

Sebagai seorang jurnalis veteran, Yusef memiliki ingatan yang kuat tentang hubungan bilateral China-Somalia yang sedikit dipengaruhi oleh dua dekade gejolak di Tanduk Afrika.

"China secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur Somalia dan fasilitas sosial, contohnya 1.000 kilometer jalan raya yang dibangun oleh China sebagai bentuk dari hubungan yang solid dengan Beijing," kata Yusuf

Dia menambahkan China juga membiayai pembangunan Stadion terbesar di Somalia bersama rumah sakit modern dan sekolah. Apalagi setelah 23 tahun penutupan kedutaan China yang disebabkan dua dekade perang sudara di wilayah itu, Negeri panda telah membuka kembali kedutaannya di Somalia ibukota Mogadishu pada 2014

Yusef mengatakan pembukaan kembali kedutaan tersebutmenegaskan kembali komitmen China untuk merevitalisasi hubungan diplomatik dengan Somalia.

"Negara Cina telah membuat perbedaan besar di Somalia dalam banyak cara dan yang paling penting telah mendukung rekonstruksi kami. Kami kembali kerjasama dengan Beijing dalam perdagangan, pendidikan dan kesehatan," kata Yusef.

Dia mengungkapkan bahwa ratusan pemuda Somalia telah hijrah ke China untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. "Ada banyak pemuda Somalia yang fasih berbahasa Cina setelah menghabiskan beberapa tahun di lembaga pendidikan Negeri Panda itu. China melatih pemuda Somalia untuk mendukung proses pembangunan kembali negara itu.

Pengusaha Somalia juga mengunjungi China untuk mengimpor barang dan menjualnya di pasar yang ramai di Mogadishu. Dia mencatat sekitar 80% dari komoditas yang ditemukan di Mogadishu berasal dari China.

Yusef melanjutkan hubungan China dengan Somalia fokus pada daerah yang saling menguntungkan dan tanpa bias ideologis. "Kerja sama kami dengan China adalah tentang bisnis dan rekonstruksi. Ini tidak termasuk politik dan banyak orang Somalia percaya Cina lebih setia daripada mitra bilateral lainnya," kata Yusef.

Dia membandingkan hubungan itu berbeda dengan hubungan Somalia--Amerika Serikat yang diwarnai nuansa ideologis. "Kami memiliki hubungan dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, tetapi lebih tentang politik daripada aspek lain dari pembangunan," kata Yusef.

Dia menyatakan China telah mendukung Somalia untuk menjadi bagian dari anggota negara damai dan sejahtera dari masyarakat internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Xinhua

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper