Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEMATIAN TERDUGA TERORIS: Polri Didesak Autopsi Jenazah Siyono

Setara Institute mendesak kepolisan untuk melakukan proses autopsi terhadap Siyono, orang yang diduga teroris dan tewas pada pekan lalu di Klaten, Jawa Tengah, untuk akuntabilitas.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Kabar24.com, JAKARTA -- Setara Institute mendesak kepolisan untuk melakukan proses autopsi terhadap Siyono, orang yang diduga teroris dan tewas pada pekan lalu di Klaten, Jawa Tengah, untuk akuntabilitas. 
 
Bonar Naipospos, Wakil Ketua Setara Institute, menuturkan penjelasan Mabes Polri soal kematian Siyono tidak logis dan mengada-ada. Dia menuturkan penjelasan seharusnya datang dari proses autopsi ilmiah yang kredibel.
 
"Untuk memastikan penyebab kematian tersebut, institusi Polri sebaiknya melakukan autopsi atas jenazah Siyono dengan melibatkan unsur di luar eksternal Polri, seperti ahli forensik independen atau dokter independen," kata Bonar di Jakarta, Senin (14/3/2016).
 
Setara menilai autopsi sangat diperlukan agar keraguan publik terhadap kinerja pemberantasan terorisme tidak digunakan sebagai propaganda baru melawan Polri oleh kelompok-kelompok pro-teror. Tanpa autopsi dan tes forensik, papar Bonar, keraguan akan tetap melekat dan berdampak buruk bagi pemberantasan terorisme. 
 
Dia menegaskan publik akan meragukan bahwa tindakan pemberantasan terorisme telah berada di jalur sesuai dengan hukum. "Bahkan, bagi kelompok pro terorkekecewaan semacam ini dapat digunakan untuk melakukan radikalisasi dan reproduksi kader-kader teroris baru," kata Bonar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper