Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Awang Minta Materi Bela Negara Diajarkan di Sekolah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta agar materi pendidikan di masing-masing sekolah ditambah dengan pengetahuan tentang pendidikan bela negara.
Kabar24.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta agar materi pendidikan di masing-masing sekolah ditambah dengan pengetahuan tentang pendidikan bela negara.
 
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan materi pendidikan bela negara tersebut diberlakukan dengan tujuan agar pemahaman tentang kedaulatan Negara atau cinta tanah air dapat ditanamkan sejak dini.
 
Adanya materi ini diharapkan semangat generasi muda di daerah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin tinggi.
 
Sebab, program tersebut bagian dari mendukung gerakan yang dilakukan Pemerintah Pusat untuk menerapkan pendidikan bela Negara di Indonesia.
 
"Materi ini bisa kita masukan di muatan lokal, pendidikan Pancasila, sejarah nasional dan bela negara, sehingga nantinya Kaltim akan menjadi pelopor pendidikan bela negara di Indonesia," ujarnya seperti yang dikutip dari laman Pemprov, Sabtu (20/2/2016).
 
Menurutnya, materi bela negara juga bagian dari mendukung gerakan nasional revolusi mental (GNRM) di Kaltim.
 
Awang menilai revolusi mental sangat penting dan menjadi suatu keharusan dan dijalankan secara berkesinambungan yang pada akhirnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Oleh karena itu, materi bela negara ini penting dilaksanakan agar gerakan mampu membangun manusia Indonesia seutuhnya yang berakhlak, berbudi luhur, berbudi pekerti dan berperilaku yang baik.
 
"Manusia Indonesia adalah insan yang bisa berdiri di atas kaki sendiri dengan bersama-sama bertanggung jawab dalam pembangunan bangsa dan negara serta memiliki kepedulian. Mari dengan semangat bela Negara maupun gerakan revolusi mental kita tingkatkan kemandirian dan daya saing menuju Indonesia maju, bermartabat dan sejahtera, khususnya di Kaltim," tutur Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper