Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Hadiri Hari Peduli Sampah Nasional

Kementerian Lingkungan hiduo menyatakan Jokowi Bakal Hadiri Hari Peduli Sampah Nasional
Sampah di kali/Antara
Sampah di kali/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan Presiden Joko Widodo, Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur DKI akan menghadiri hari peduli sampah nasional yang diselenggarakan pada 21 Februari mendatang di Senayan.

Tuti Hendrawati Mintarsih, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK, mengatakan kehadiran Presiden dan para pembantunya merupakan wujud komitmen pemerintah mewujudkan Indonesia bebas sampah pada 2020.

“Ini wujud komitmen presiden dalam mendorong Indonesia bebas sampah pada 2020. Acara ini juga akan diselenggarakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Tuti mengatakan pemerintah tengah berubaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang. Pasalnya, saat ini Indonesia telah menjadi negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia.

Upaya lain untuk menyadarkan masyarakat dari membuang sampah sembarangan, lanjutnya, melalui penggunaan kantong plastik berbayar dari pasar modern. Melalui cara ini, diharapkan kantong plastik yang dibeli masyarakat dapat digunakan berulang-ulang.

Tutun Rahanta, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), mengatakan peritel nasional mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah plastik melalui program plastik berbayar.

“Tetapi kami tidak ingin konsumen berpikir peritel ingin mendapatkan keuntungan dari plastik berbayar. Secara nasional seluruh peritel bersedia menerapkan plastik berbayar,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper