Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manusia Masa Lalu Makan Kura-kura Panggang Beserta Cangkangnya

Para penghuni gua prasejarah mengunyah kura-kura panggang dalam cangkang mereka sebagai makanan pembuka atau makanan tambahan, kata Ran Barkai, arkeolog di Tel Aviv University, Selasa (2/1/2016).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Februari 2016  |  10:58 WIB
Kura-kura - spirit/animals.com
Kura-kura - spirit/animals.com

Kabar24.com, JAKARTA - Para penghuni gua prasejarah mengunyah kura-kura panggang dalam cangkang mereka sebagai makanan pembuka atau makanan tambahan, kata Ran Barkai, arkeolog di Tel Aviv University, Selasa (2/1/2016).

Barkai membantu memimpin satu tim peneliti yang menemukan cangkang dan tulang belulang kura-kura berusia 400.000 tahun dalam satu gua di Israel, yang menunjukkan bahwa para pemburu dan pengumpul menyembelih kura-kura, dan memasaknya sebagai bagian dari diet yang didominasi oleh binatang-binatang besar dan tumbuhan.

Tanda pembakaran ditemukan pada cangkang yang ditemukan di gua Qessem, juga tanda-tanda bahwa kura-kura itu dipecahkan dan dipotong, menunjukkan bahwa binatang itu disembelih menggunakan pisau batu.

"Sekarang kami tahu mereka makan kura-kura dengan cara yang cukup canggih," kata Barkai seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Itu menjadi pelengkap, makanan pembuka, makanan penutup atau makanan tambahan untuk daging dan lemak dari binatang-binatang besar."

Gua Qessem terungkap selama pekerjaan jalan tahun 2000 dan diyakini didiami selama sekitar 200.000 tahun.

Tulang belulang yang bertebaran di seluruh gua sudah menunjukkan menu prasejarah yang kaya kalori yang meliputi kuda, rusa kecil, dan banteng liar berdasarkan plak yang ditemukan pada gigi, yang menunjukkan bahwa para penghuni gua juga makan makanan berbahan tumbuhan.

Temuan terkini tim Barkai, yang anggotanya berasal dari Spanyol dan Jerman, dipublikasikan dalam jurnal Quaternary Science Reviews pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kura-kura

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top