Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Perusahaan Jadi Pelanggan Layanan Serat Optik di Pekanbaru

Perusahaan Daerah Pembangunan Pekanbaru menyatakan akan segera mengoperasikan layanan serat optik (fiber optic) yang telah dibangun sejak tahun lalu.
Seorang pekerja menyambung kabel serat optik
Seorang pekerja menyambung kabel serat optik

Kabar24.com, PEKANBARU – Perusahaan Daerah Pembangunan Pekanbaru menyatakan akan segera mengoperasikan layanan serat optik (fiber optic) yang telah dibangun sejak tahun lalu.

Direktur Utama PD Pembangunan Pekanbaru Heri Susanto mengatakan jelang beroperasinya layanan serat optik ini, sudah ada lima perusahaan yang menyatakan berminat.

“Sudah ada perusahaan yang berminat, sekitar lima yang rata-rata bergerak di bidang telekomunikasi. Nantinya juga akan dibuka kesempatan bagi pihak lain untuk bisa menggunakan layanan ini,” katanya Selasa (19/1).

Heri mengatakan seharusnya proyek pembangunan jaringan serat optik ini dapat beroperasi pada 2015 lalu. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi perusahaan daerah itu sehingga jadwal operasional itu menjadi tertunda.

Masalah yang terjadi itu di antaranya yaitu bencana kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan yang melanda Riau sejak akhir Agustus hingga akhir November lalu.

Selain itu juga terjadinya kerusakan jaringan kabel serat yang telah ditanam di jalur utama ibu kota Provinsi Riau tersebut, sehingga dibutuhkan perbaikan jaringan.

“Seperti di Jalan Ahmad Yani itu jaringan serat kami sepanjang 2 kilometer tersebut putus. Kalau disambung bisa saja tetapi nanti layanan yang diterima pelanggan menjadi tidak maksimal. Jadi harus dipasang kembali,” katanya.

Adapun Perusahaan Daerah Pembangunan Pekanbaru adalah salah satu BUMD Kota Pekanbaru yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti layanan jaringan serat optik, dan transportasi dengan mengoperasikan angkutan umum massal bus Trans Metro Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper