Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 3 Teroris Penyerang Burkina Faso

Alqaeda Magribi Islam (AQIM) menyatakan tiga petempur bertanggung jawab dalam serangan ke Ibu Kota Burkina Faso Ouagadougou pekan lalu yang menewaskan 29 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Januari 2016  |  07:18 WIB
Polisi dan aparat keamanan Burkina Faso mengepung Hotel Splendid di ibu kota Ouagadougou menyusul serangan teror a la Paris dan Jakarta terjadi pula di negeri ini. - Antara
Polisi dan aparat keamanan Burkina Faso mengepung Hotel Splendid di ibu kota Ouagadougou menyusul serangan teror a la Paris dan Jakarta terjadi pula di negeri ini. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Alqaeda Magribi Islam (AQIM) menyatakan tiga petempur bertanggung jawab dalam serangan ke Ibu Kota Burkina Faso Ouagadougou pekan lalu yang menewaskan 29 orang.

Orang-orang bersenjata dari AQIM menyerbu Restoran Cappuccino dan Hotel  Splendid Hotel Jumat (15/1/2016) malam pekan lalu, memburu orang-orang Barat untuk dibantai. Delapan warga Burkina, enam warga Kanada, tiga Ukraina dan dua Prancis terbunuh dalam serangan itu.

AQIM menyebut ketiga pelaku teror adalah al-Battar al-Ansari, Abu Muhammad al-Buqali al-Ansari dan Ahmed al-Fulani al-Ansari, kata SITE Intelligence seperti dikutip Reuters.

Al-Ansari adalah nama samaran yang biasanya merujuk pada orang-orang Mali utara, atau menunjukkan basis atau asal brigade teror.

Pernyataan AQIM ini memasukkan pula sebuah foto dari tiga penyerang berseragam militer yang membawa senapan Kalashnikov. Dua orang berkulit hitam, sedangkan seorang lainnya bertampang Arab atau dari suku Tuareg.

Jalan-jalan di Kota Ouagadougou tidak biasanya senyap Senin (18/1/2016) waktu setempat di negeri yang jarang menghadapi serangan para jihadis yang kerap menyerang negara tetangga mereka, Mali.

AQIM juga mengaku melakukan serangan serupa ke Hotel Radisson Blu hotel di Ibu Kota Mali, Bamako, November tahun silam yang menewaskan 20 orang.

Pemerintahan baru Burkina Faso, yang terbentuk beberapa hari lalu menyusul setahun proses transisi yang diwarnai kerusuhan, mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Sementara itu, seorang dokter Australia dan istrinya diculik di Burkina Faso utara, dekat perbatasan Mali.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

burkina faso

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top