Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lapindo Kembali Ngebor, Ini Komentar JK

PT Lapindo Brantas berencana melakukan pengeboran di dua sumur Tanggulangin, setelah semburan lumpur hasil pengeboran sebelumnya menenggelamkan ratusan rumah warga di Sidoarjo, Jawa Timur.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 11 Januari 2016  |  04:11 WIB
Lapindo Kembali Ngebor, Ini Komentar JK
Bisnis.com, JAKARTA--PT Lapindo Brantas berencana melakukan pengeboran di dua sumur Tanggulangin, setelah semburan lumpur hasil pengeboran sebelumnya menenggelamkan ratusan rumah warga di Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Menanggapi rencana itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan keputusan perizinan pengeboran kepada pihak berwenang, yakni Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).
 
"Kalau SKK Migas mengizinkan dan aman, ya bisa [melakukan pengeboran minyak],"ujarnya akhir pekan lalu.
 
Menurut dia, penyebab semburan lumpur yang terjadi pada pengeboran minyak beberapa tahun lalu belum diketahui dengan jelas, antara adanya kesalahan cara pengeboran atau bencana alam. Untuk itu, rencana pengeboran saat ini harus melalui perizinan yang tepat.
 
Kalla menilai perusahaan membutuhkan kegiatan usaha yang aktif dan menghasilkan keuntungan agar dapat membayar utang dana talangan ganti rugi kepada pemerintah.
 
"Justru mesti begitu [mengebor] agar dia bisa bayar utang. Kan ini pemerintah talangi [membayar ganti rugi kepada warga. Bagaimana bayar kalau tidak bor,"katanya,
 
Sebagai informasi, kedua sumur yang akan dibor diharapkan dapat memproduksi masing-masing 5 juta standar kaki kubik per hari atau Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) untuk 10 tahun ke depan.
 
Saat ini perusahaan mengelola 30 sumur gas di Tanggulangin, Krembung, dan Porong. Dari 30 sumur tersebut, hanya 14 sumur yang masih produktif dengan total produksi sekitar 8 MMSCFD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapindo
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top