Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Bela Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk menggelorakan kembali semangat bela negara, agar dapat menghadapi tantangan yang ada di depan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk menggelorakan kembali semangat bela negara, agar dapat menghadapi tantangan yang ada di depan.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia saat ini menghadapi dinamika konstelasi geopolitik-ekonomi yang berubah setelah perang dingin. Perdagangan bebas dan tekanan integrasi ekonomi regional pun semakin besar, dan harus dihadapi oleh Indonesia.

“Perdagangan bebas telah menjadi agenda yang didorong oleh hanpir semua negara di dunia, persaingan ekonomi antar-negara pun akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang, khususnya dalam penguasaan akses sumber daya maritim, energi, dan pangan,” katanya di Jakarta, Sabtu (19/12).

Presiden menuturkan persaingan ekonomi tersebut menjadi tantangan nyata yang harus dihadapi, karena Indonesia dapat tertinggal dan tergulung oleh perubahan ekonomi dan politik dunia jika lengah.

Kejahatan lintas batas, radikalisme dan terorisme juha menjadi ancaman dari luar yang harus diatasi dengan semangat bela negara.

Persoalan narkoba, dimana sindikat internasional telah menjadikan Indonesia sebagai pasarnya juga menjadi persoalan yang harus dihadapi bersama-sama. Belum lagi banyaknya warga negara Indonesia yang masuk ke dalam jaringan perdagangan manusia.

“Dari dalam negeri, Indonesia saat ini harus menghadapi tantangan kemiskinan, keterbelakangan, dan ketimpangan,” ujarnya.

Presiden mengakui belum semua warga negata mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang layak. Fasilitas air bersih, dan listrik juga menjadi hal yang harus terus didorong ke wilayah terpencil, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Selain itu, Presiden Juga mengingatkan pentingnya kemajemukan dalam kehidupan bernegara. Kemajemukan dapat menjadi kekuatan dahsyat jika dijaga dengan baik, karena banyak negara yang tercerai-berai setelah tidak mampu menjaganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper