Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sidang MKD: Usulkan Tim Panel, M. Prakosa Nilai SN Lakukan Pelanggaran Berat

Anggota MKD dari fraksi PDI Perjuangan M Prakosa memutuskan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto telah melakukan pelanggaran etik kategori berat karena itu harus segera dibentuk tim panel.
Ketua DPR Setya Novanto (kiri). /Antara
Ketua DPR Setya Novanto (kiri). /Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Sidang pembacaan putusan MKD yang akhirnya digelar secara terbuka dan disiarkan televisi, Rabu (16/12/2015) menjadi saat menentukan bagi Ketua DPR Setya Novanto.  

Anggota MKD  dari fraksi PDI Perjuangan M Prakosa memutuskan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto telah melakukan pelanggaran etik kategori berat karena itu harus segera dibentuk tim panel.

"Saudara teradu (SN) telah melakukan pelanggaran etik kategori berat. Untuk itu saya menyarankan segera dibentuk tim panel," kata Prakosa saat membacakan putusan di Senayan, Jakarta, Rabu.

Sebelumnya anggota MKD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dimyati Natakusumah juga menyatakan Setya Novanto telah melakukan pelanggaran etik berat sehingga harus diberhentikan keanggotaan dan jabatannya.

"Dengan masukan dari Ketua Umum PPP Djan Faridz, saya menyatakan saudara teradu Setya Novanto diindikasikan melakukan pelanggaran kode etik dan sebaiknya diberhentikan dari jabatannya," kata Dimyati Natakusumah.

Keputusan Dimyati tersebut kontak mendapatkan tepuk tangan ratusan wartawan dan masa yang menyaksikan secara langsung di depan ruang MKD.

Sebelumnya anggota MKD Guntur Sasongko dari Fraksi Partai Demokrat memutuskan Ketua DPR Setya Novanto melakukan pelanggaran etik sedang. Hal yang sama juga diputuskan oleh Anggota MKD dari Fraksi PDI-P Riska Mariska.

"Teradu (Setya Novanto) secara gamblang telah menggunakan pengaruh jabatan untuk meminta saham pembangkit listrik. Teradu telah terang benderang melakukan pelanggaran etik dan dijatuhi sanksi sedang," kata Mariska.

Hal yang sama juga disampaikan Maman Iqmanul Hak dari fraksi PKB, serta Viktor Leiskodat dari Fraksi Partai NasDem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper