Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agung Laksono Sebut Almarhum Suhardiman Guru Politik Dirinya

Tokoh senior Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia Prof Dr Suhardiman wafat pada Minggu (13/12) malam.
Almarhum Suhardiman/Antara
Almarhum Suhardiman/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Di mata Agung Laksono, almarhum Prof. Dr. Suhardiman adalah guru politik dirinya.

Seperti diketahui, tokoh senior Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Prof Dr Suhardiman wafat pada Minggu (13/12) malam.

"Beliau tokoh kita semua. Senior dan guru saya dalam dunia politik, beliau betul-betul tokoh nasional politik di mana saya tidak mau menyebut beliau sebagai dukun politik tetapi sebagai tokoh politik nasional," kata Agung setelah melayat di rumah duka di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2015).

Menurut Agung, Suhardiman mempunyai ideologi kebangsaan yang jelas dan kuat serta membangun negeri dengan tulus guna mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

"Itu selalu beliau terapkan di NKRI. Beliau orang yang menjunjung tinggi kemajemukan tetapi memperkokoh persatuan," ucap Agung.

Selain itu, kata Agung, Suhardiman juga menginginkan adanya pemimpin yang bersih baik itu di pemerintahan maupun di partai.

"Beliau ingin agar partai tidak dipimpin oleh orang-orang yang berbasiskan kepada kepentingan sendiri tetapi harus berkepentingan kepada bangsa," tuturnya.

Suhardiman adalah tokoh penting di balik berdirinya SOKSI yakni sebuah organisasi yang pada masanya menjadi salah satu organisasi pendiri Golongan Karya, untuk mengimbangi kekuatan komunis yang berkembang di Tanah Air.

Suhardiman tutup usia pada Minggu (13/12) malam di kediamannya di daerah Cipete, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Di tengah perseteruan dua kubu di dalam Partai Golkar, Suhardiman merupakan salah satu tokoh yang kerap dimintai dukungan politiknya oleh sejumlah kader partai beringin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper