Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Puncak Hari Nusantara 2015

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri Puncak Peringatan Hari Nusantara yang digelar ke-15.
Jusuf Kalla/Reuters-Beawiharta
Jusuf Kalla/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, BANDA ACEH-- Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri Puncak Peringatan Hari Nusantara yang digelar ke-15.

Dari agenda yang diterima Bisnis, Minggu (13/12/2015), acara yang bertema Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa itu akan dihadiri sejumlah menteri termasuk, Wapres Jusuf Kalla. Rangkaian acara yang dimulai sejak 9 Desember 2015 ini diakhiri dengan agenda mulai dari pencanangan program di sektor maritim lintas kementerian.

Agendanya terdiri dari peluncuran Jalur Samudera Cheng Hoo dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, peluncuran infrastruktur energi berupa cluster ekonomi maritim oleh Menteri ESDM Sudirman Said dan pencanangan pengembangan desa inovasi berbasis ekonomi masyarakat melalui pengembangan PLTMH di Aceh Besar berupa penandatanganan prasasti.

Agenda lain yang juga dilakukan di acara ini yaitu penyerahan speedboat kepada Satker PSDKP Pelabuhan Perikanan Lampulo dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan penandatanganan prasasti penetapan kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo Banda Aceh dan Peresmian Industri Perikanan di Pelabuhan Perikanan Lampulo oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebelum membuka puncak hari peringatan Hari Nusantara, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan momen ini penting karena memperingati ditetapkannya batas teritori negara. Adapun, sebagai panitia penyelanggara, Kementerian ESDM mencanangkan agar pembangunan sektor energi seiring dengan arah pembangunan yang mengutamakan sisi maritim.

"Hari Nusantara jadi penting karena maritim tadi orientasi depan. 2015 ini Kementerian ESDM jadi panitia jadi menempatkan pembangunan sektor energi dengan memanfaatkan alam melalui energi baru dan terbarukan," ujarnya di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, Minggu (13/12/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper