Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Semarang Terima Anugerah KIP Award

Pemkot Semarang menerima penganugerahan KIP Jateng Award dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng, sebagai bentuk penghargaan kepada badan publik paling transparan, baik itu eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta badan lain yang menggunakan anggaran APBD dan APBN.
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi./Simpanglima.wordpress
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi./Simpanglima.wordpress

Bisnis.com, SEMARANG—Pemkot Semarang menerima penganugerahan KIP Jateng Award dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng, sebagai bentuk penghargaan kepada badan publik paling transparan, baik itu eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta badan lain yang menggunakan anggaran APBD dan APBN.

Dalam penganugerahan ini Pemkot Semarang menyandang terbaik II kategori Kabupaten/Kota. Sementara Kabupaten Batang menjadi yang terbaik se-Jawa Tengah.

Penghargaan yang diserahkan Wakil Ketua KIP Jateng Nur Fuad diterima langsung Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto akhir pekan lalu.

"Penganugerahan tahun ini merupakan kedua kalinya dilakukan oleh KIP Jateng, setelah sebelumnya di tahun 2014 dilakukan penganugerahan yang sama dan ke depannya akan menjadi agenda rutin untuk dilakukan setiap tahun," tutur koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi KIP Jateng, Zainal Abidin, seperti dalam laman Pemkot Semarang, Selasa (8/12/2015).

Pemerintah Kota Semarang selalu mendapatkan peringkat teratas badan publik yang mendukung keterbukaan informasi sesuai dengan amanat UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pihaknya menambahkan penghargaan itu dimaksudkan untuk mendorong eksekutif, legislatif, dan yudikatif selaku penyelenggara negara lebih transparan kepada masyarakat.

Menurut Zainal, makin terbuka penyelenggaraan negara akan makin dapat dipertanggungjawabkan dan meningkatkan kualitas perlibatan masyarakat dalam proses perencanaan program kegiatan. “Juga pengambilan keputusan publik yang berpihak kepada rakyat bukan untuk kepentingan pejabat,” katanya.

Penghargaan KIP Award juga diberikan kepada 10 badan publik paling transparan di lingkungan Pemrov Jateng dan lima badan publik vertikal paling transparan se-Jawa Tengah.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sujatmoko menyampaikan apresiasinya terhadap KIP. Hal itu akan membawa dampak pengaruh terhadap pembangunan daerah, mengingat dengan upaya tersebut masyarakat akan ikut memiliki bahkan saling berprestasi terhadap proses pembangunan tersebut.

Sementara Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto usai menerima penganugerahan menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Semarang ini merupakan wujud kerja keras seluruh SKPD di Pemerintah Kota Semarang dalam memberikan pelayanan informasi dan dokumentasi kepada masyarakat. "Pemerintah Kota Semarang juga siap menjadi badan publik yang transparan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper