Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unicef Luncurkan Program Khusus Menampung Aspirasi Pemuda Indonesia

Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia, yang merupakan sebuah platform inovatif baru yang memberi anak muda kesempatan untuk bicara tentang isu-isu yang mempengaruhi hidup mereka.
Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia/ilustrasi
Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia/ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA-- Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia, yang merupakan sebuah platform inovatif baru yang memberi anak muda kesempatan untuk bicara tentang isu-isu yang mempengaruhi hidup mereka.

Diluncurkan Jumat (4/12/2015), U-Report Indonesia adalah sistem jajak pendapat berbasis Twitter yang mengajukan serangkaian pertanyaan kepada anak muda tentang topik-topik penting mulai dari pendidikan hingga kesehatan dan pemerintahan.

Respon yang masuk dianalisa oleh UnicefIndonesia dan informasi dibagi dengan mitra-mitra kunci seperti pemerintah untuk menciptakan perubahan positif.

Platform ini sudah dibangun sejak 2014. Selama periode itu, U-Report Indonesia sudah memiliki lebih dari 40.000 U-Reporters.

U-Report pertama kali diluncurkan di Uganda oleh UnicefGlobal Innovation Lab. Sejak itu platform ini telah diadopsi oleh 17 negara. Indonesia adalah negara pertama yang menerapkan U-Report di media sosial.

"U-Report adalah kanal dan platform baru untuk anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan komunitas mereka," kata UnicefInnovation Lead Jeffery Halldalam siaran pers Unicef Indonesia, Jumat (4/12/2015).

Dia mengatakan platform ini akan memberdayakan anak-anak muda dengan menjadikan suara mereka diangkat dan didengar. Masukan dari para U-Reporters akan digunakan untuk menciptakan perubahan nyata di seluruh Indonesia.

Memfasilitasi keterlibatan anak muda dalam pembangunan negara ini adalah prioritas bagi Unicef.Memberikan anak-anak muda Indonesia akses untuk berkontribusi secara langsung terhadap isu-isu kunci yang mempengaruhi hidup mereka sangat penting bagi keterlibatan positif masyarakat dan warga negara.

Selama proses pengembangannya,UnicefIndonesia melakukan sejumlah survei tentang kekerasan. Ribuan partisipan memberikan jawaban-jawaban yang mencerahkan terhadap topik ini.

Respon tersebut kemudian digunakan sebagai masukan oleh pemerintah dalam menyusun Strategi Nasional atas Kekerasan Terhadap Anak 2015-2019.

Juga pada tahap ini, UnicefIndonesia menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pramuka organisasi pemudaan terbesar di Indonesia. Elemen kunci dari kemitraan ini adalah mempromosikan U-Report Indonesia kepada jutaan anggota Pramuka di penjuru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper