Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KTT PARIS: Soal Pendanaan Iklim, Indonesia Siap Transparan

Indonesia sudah sangat maju dalam mempersiapkan diri untuk melakukan kerja sama secara transparan dengan sistem Measuring, Reporting and Verification (MRV) yang dimiliki saat ini.
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 04 Desember 2015  |  21:09 WIB
Perubahan iklim - evogreen.co.uk
Perubahan iklim - evogreen.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia menekankan pentingnya transparansi dalam kerja sama internasional, terutama dalam pendanaan perubahan iklim, guna menghadapi pengaruh masalah global tersebut.

Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia Rachmat Witoelar menuturkan, Indonesia sudah sangat maju dalam mempersiapkan diri untuk melakukan kerja sama secara transparan dengan sistem Measuring, Reporting and Verification (MRV) yang dimiliki saat ini.

Rachmat juga menuturkan pentingnya transparansi dalam kerja sama internasional dalam menghadapi masalah perubahan iklim. Dia menegaskan transparansi akan menjadi kunci dalam membangun kepercayaan dan kerja sama akan menjadi lebih lancar.

Dia menuturkan KTT Perubahan Iklim kali ini menjadi momen penting dalam pembentukan kerja sama.

"Keadaan dunia tahun 2020 akan lain sama sekali gambarannya, kalau event ini berhasil dana-dana internasional itu dapat disampaikan atau dihibahkan ke negara yang memerlukan," paparnya dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (4/12/2015).

Rachmat menegaskan Indonesia sudah sangat maju dalam mempersiapkan diri untuk melakukan kerja sama secara transparan dengan sistem Measuring, Reporting and Verification (MRV) yang dimiliki saat ini. Yang diperlukan sekarang, paparnya, adalah bagaimana kesediaan negara maju untuk betul-betul memberikan dirinya untuk diperiksa sistem transparansinya.

"Harus ada transparansi sehingga kerja sama bisa berjalan lancar," kata Rachmat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perubahan iklim KTT PARIS KTT PERUBAHAN IKLIM
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top