Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kata Masinton, Seleksi Capim KPK Belum Penuhi Ketentuan UU

Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu menilai proses seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah selesai dilakukan oleh panitia seleksi, belum memenuhi ketentuan UU No. 30/2002.
Anggota DPR Komisi III Masinton Pasaribu. /rii
Anggota DPR Komisi III Masinton Pasaribu. /rii

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu menilai proses seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah selesai dilakukan oleh panitia seleksi, belum memenuhi ketentuan UU No. 30/2002.

Menurut Masinton, masih ada permasalahan yang berkaitan dengan persyaratan calon pimpinan (capim), termasuk lamanya waktu masa pendaftaran yang semestinya 14 hari berturut-turut tettapi kemudian diperpanjang.

“Calon Pimpinan KPK ini memang belum memenuhi persyaratan dan ini yang menjadi pertanyaan di Komisi III DPR, termasuk belum adanya unsur dari Kejaksaan,” katanya  dalam Rapat dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Pansel Capim KPK dialsnir dari situs resmi DPR, Jumat (20/11/2015).

Politisi F-PDIP ini mengatakan, karena beberapa alasan tersebut, Komisi III akan melakukan pendalaman, apapun keputusannya nanti akan dibawa ke dalam rapat pleno komisi dan selanjutnya akan dibawa dalam rapat paripurna apakah layak untuk dilanjutkan atau tidak.

“Komisi III DPR pastinya akan mendalami tentang visi dan misi Pansel KPK, sebab seharusnya mereka berkordinasi dengan Mabes Polri, dengan BIN, maupun Kejaksaan. Nantinya jangan sampai  di tengah jalan ada kasus-kasus kecil yang sebelum menjadi Pimpinan KPK, kemudian  dikorek-korek kembali maka Komisi III DPR menginginkan harus klir dari sekarang,“ jelas Masinton.

Komisi III DPR lanjut dia, juga akan mendalami masalah anggarannya, karena ini menggunakan APBN maka keterlibatan organisasi-organisasi sipil mana saja dan nantinya bentuk pertanggungjawabannya seperti apa perlu ditelusuri secara jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper