Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB: Waspadai Puting Beliung Saat Musim Pancaroba

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan bencana puting beliung, seiring mulai hadirnya musim pancaroba yang telah melanda sebagian wilayah Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan bencana puting beliung, seiring mulai hadirnya musim pancaroba yang telah melanda sebagian wilayah Indonesia.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa saat ini seperti di Jawa, Sumatera bagian Selatan, Bali, sebagian Kalimantan dan Sulawesi berada pada musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan.

"Saat pancaroba, puting beliung sering terjadi menjelang hujan turun," tuturnya, seperti siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (18/11/2015).

Menurutnya kejadian ini ditandai dengan cuaca yang panas dan dalam waktu tidak lama kemudian berubah menjadi mendung lalu timbul angin kencang dan hujan deras.

Pihaknya mencontohkan salah satu contoh daerah yang kemarin (17/11) terkena puting beliung, yakni di Ngawi, Jawa Timur.

Menurutnya peristiwa hujan deras yang disertai angin kencang pada pukul 17:30 WIB tersebut tepatnya terjadi di Kab. Ngawi, Kec. Karang Jati, Ds. Rejomulyo, Ds. Rejuno, Kec. Beringin, Ds. Krompol, Ds. Dero, Ds. Sumberbening.

"Terdpat korban jiwa 1 orang meninggal dunia (MD) bernama Ibu Randinem (65 thn)," ujarnya.

Sementara, lanjutnya dari sisi kerugian material, terdapat pada Kec. Karang Jati ada 14 unit rumah roboh, Kec. Beringin ada 5 unit rumah rusak berat dan 121 unit rumah mengalami kerusakan.

"BPBD telah ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi, pendataan dan memberikan bantuan logistik dibantu Koramil dan Polsek bersama-sama dengan masyarakat untuk memberikan bantuan warga yang terkena musibah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper