Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mataram & Sumbawa Belum Terbitkan Perda Izin UMK

Kabupaten Sumbawa dan Kota Mataram tercatat sebagai wilayah di Nusa Tenggara Barat yang belum menerbitkan peraturan bupati atau wali kota terkait izin usaha mikro dan kecil.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 04 November 2015  |  14:45 WIB
Mataram & Sumbawa Belum Terbitkan Perda Izin UMK
Bagikan

Kabar24.com, DENPASAR--Kabupaten Sumbawa dan Kota Mataram tercatat ‎sebagai wilayah di Nusa Tenggara Barat yang belum menerbitkan peraturan bupati atau wali kota terkait izin usaha mikro dan kecil.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Barat (NTB) Supran mengungkapkan pihaknya sudah mendesak kepala daerah di dua wilayah itu agar segera‎ menerbitkan peraturan tersebut agar membantu pelaku UMKM.

"‎Malu juga harusnya, karena dua daerah itu belum menerbitkan. Harusnya mudah, kan sudah ada formatnya," ungkapnya, Selasa (4/11/2015).

Menurutnya, dari total 10 kabupaten kota di seluruh NTB, 8 kabupaten sudah menerbitkan aturan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Supran menyatakan keberadaan aturan itu penting untuk membantu mengidentifikasi pelaku UMKM dan kelasnya di NTB.

Dengan terbitnya aturan tersebut, dia yakin jumlah pelaku usaha UMKM akan meningkat disebabkan mudahnya mendapatkan perizinan. Diskop dan UKM NTB mencatat, jumlah UMKM di wilayah ini pada akhir tahun lalu tercatat 644.708 pelaku. Jumlah terbanyak terdapat di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umk mataram sumbawa
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top