Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalapatih 2, Kapal Tenaga Surya Buatan Mahasiswa ITS Siap Berlaga di Belanda

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berinovasi dengan membuat kapal tenaga surya dengan nama Jalapatih 2.
Kapal tenaga surya Jalapatih 1/its.ac.id
Kapal tenaga surya Jalapatih 1/its.ac.id

Bisnis.com, SURABAYA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berinovasi dengan membuat kapal tenaga surya dengan nama Jalapatih 2.

Kapal yang dibuat oleh ITS Marine Solar Boat Team tersebut merupakan seri kedua dari kapal tenaga surya Jalapatih 1 yang sebelumnya pernah berpartisipasi dalam Dutch Solar Challenge (DSC) 2014 di Belanda.

Ketua Tim Marine Solar Boat ITS, Ginanjar Basuki mengatakan ITS ingin mengikutkan Jalapati 2 dalam ajang yang sama.

"Pada tahun lalu Jalapati 1 tidak bisa sampai finish hingga hari terakhir lomba, hanya bertahan tiga hari. Kali ini kami menargetkan Jalapati 2 bisa sampai finish," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (16/10/2015).

Adapun kapal seri kedua ini memiliki panjang lima meter dilengkapi dengan tiga lambung. Kapal tersebut memiliki kecepatan 11 knot, dan dirancang dengan manajemen sistem baterai khusus yang mampu memfokuskan energi tenaga surya agar lebih efisien.

Kapal selebar 0,4 meter ini juga berlapiskan material fiber carbon dengan honeycomb sebagai serat tulangnya. Komponen tersebut cukup berbeda dengan seri pertamanya yang berlapiskan material fiber glass.

"Sebelumnya hanya ada satu lambung, ini dilakukan agar kapal lebih stabil. Namun untuk meningkatkan kestabilan kapal yang lebih baik, kami modifikasi pada sistem baterainya," jelas Ginanjar.

Ajang DSC 2016 sendiri rencananya akan digelar di Amsterdam, Belanda, selama 11 hari mulai 26 Juni 2016. Meski telah melakukan berbagai upaya modifikasi, tim yang lahir dari Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) ini masih harus melakukan berbagai persiapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper