Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bela Negara Perlu Undang-Undang Sebagai Parameter

Program Bela Negara membutuhkan payung hukum berupa perundang-undangan guna membuat parameter yang jelas.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA  - Tanpa payung hukum yang jelas, kalangan DPR meragukan program bela negara bisa dilakukan secara terukur.

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan program Bela Negara membutuhkan payung hukum berupa perundang-undangan guna membuat parameter yang jelas.

"Butuh undang-undang supaya ada parameter, misalnya, nanti kebijakan bela negara seperti apa, pelaksananya siapa, pelakunya siapa dan kategori umur berapa, sistem rekrutmen seperti apa, sistem pelatihannya, kurikulumnya bagaimana," ujar TB Hasanuddin kepada wartawan di gedung parlemen, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Menurut dia, implementasi program Bela Negara jangan tergesa-gesa tanpa payung hukum, agar tidak menimbulkan salah tafsir.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan konsep Bela Negara baik dalam konteks menumbuhkan kesadaran masyarakat.

Dia mencontohkan, ketika perang kemerdekaan kesadaran bela negara rakyat tinggi, sehingga siap mengangkat senjata, lalu setelah perang selesai rakyat kembali ke profesinya masing-masing.

"Tapi (bela negara saat ini), bukan semata dilatih menembak, makanya dibutuhkan undang-undang. Misal, ada bencana kan Anda ikut membantu, itu kan harus ada kesadaran bela negara," terang dia.

Ditanya pendapatnya mengenai bela negara yang mirip dengan upaya PKI dulu membentuk angkatan kelima petani yang dipersenjatai, TB Hasanuddin menilai bela negara saat ini tidak mengarah ke sana.

"Tidak ada kekhawatiran ke arah itu, kita kok takut terus," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah menekankan program bela negara yang akan dijalankan kementeriannya berbeda dengan wajib militer.

Pihaknya juga mewacanakan adanya kurikulum bela negara untuk pendidikan mulai dari taman kanak-kanak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper