Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Bentuk Majelis Kemitraan Perbaiki Sekolah Kejuruan

Pemerintah akan membentuk Majelis Kemitraan Pendidikan Kejuruan Nasional (MKPKN).
/Antara
/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah akan membentuk Majelis Kemitraan Pendidikan Kejuruan Nasional (MKPKN).

Majelis ini merupakan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, dan juga Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Majelis tersebut dibentuk sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK). 

Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna F. Abdurahman menuturkan pembentukan MKPKN tersebut sangat penting untuk membangun komunikasi yang lebih intensif antara SMK dengan Industri.

"Agar lulusan SMK lebih cepat terserap di dunia Industri harus ada majelis seperti ini. Tujuannya juga untuk mengurangi pengangguran dan peningkatan mutu tenaga kerja," ujarnya dalam diskusi pendidikan di perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud Mustaghfirin Amin menuturkan, majelis kemitraan tersebut diharapkan sudah bisa terbentuk pada 2016 mendatang. Saat ini pembentukannya masih dalam proses di biro hukum.

"Nanti majelis kemitraan ini selain di pusat juga akan ada di setiap provinsi. Ini akhirnya akan menjadi cara yang paling tajam untuk mendengar kebutuhan apa yang dibutuhkan industri sehingga SMK bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan," tuturnya.

Strategi perbaikan mutu SMK memang tengah terus digenjot Kemendikbud, karena salah satu target dalam lima tahun mendatang adalah tercapainya ekspansi jumlah SMK yang lebih besar dibandingkan SMA. Ditargetkan ke depan jumlah perbandingan SMK adalah 60:40 dengan SMA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper