Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRAGEDI MINA 2015: 220 Jemaah Haji Tewas, 400 Luka-luka

Jemaah Haji Terinjak-injak: 220 Tewas, 400 Luka-lukaKabar24.com, JAKARTA-- Stasiun televisi Arab Saudi, Al-Ekhbariya melaporkan seperti yang dilansir laman Reuters bahwa setidaknya 100 jemaah haji tewas pada Kamis (24/9/2015), dalam sebuah kecelakaan di Mina, di luar kota suci Mekah saat dua juta jemaah lainnnya sedang melakukan ibadah haji tahunan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 September 2015  |  16:44 WIB
Anggota Pertahanan Sipil Arab Saudi mencoba menyelamatkan jemaah haji yang luka-luka saat insiden saling dorong di Mina, di luar kota suci Muslim, Mekkah - Reuters
Anggota Pertahanan Sipil Arab Saudi mencoba menyelamatkan jemaah haji yang luka-luka saat insiden saling dorong di Mina, di luar kota suci Muslim, Mekkah - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA-- Stasiun televisi Arab Saudi, Al-Ekhbariya melaporkan seperti yang dilansir laman Reuters bahwa setidaknya 100 jemaah haji tewas pada Kamis (24/9/2015), dalam sebuah kecelakaan di Mina, di luar kota suci Mekah saat dua juta jemaah lainnnya sedang melakukan ibadah haji tahunan.

SIMAK: Korban Tragedi Mina Jadi 310 Orang Tewas

Seorang pejabat pertahanan sipil melalui akun Twitternya mengatakan-- dalam jumlah yang dapat berubah karena proses investigasi sedang berlangsung--bahwa jumlah calon haji yang meninggal meningkat menjadi 220 orang.

SIMAK: Hidangan Hewan Langka DiburuTuris

 "Laporan itu juga mengatakan jumlah orang yang luka-luka mencapai 400 orang," demikian dikutip dari Reuters.

BACA JUGA: Ini Warisan Paling Berharga Adnan Buyung Nasution

Insiden mematikan karena terinjak-injak dan berdesak-desakan ketika calon haji berdesak-desakan prosesi melempar jumrah di Mina pernah terjadi pada 2004 yang menewaskan 244 orang; pada 2001 menewaskan 35 orang; pada 1998 menewaskan 180 orang; dan 1994 menewaskan 270 jemaah haji.

Insiden lainnya yang pernah menyerang jemaah haji yang sedang beribadah terjadi pada 1997, ketika kebakaran melanda tenda-tenda haji di Mina.

Kobaran api saat itu diperparah dengan cuaca buruk serta angin kencang, menyebabkan 1.500 jemaah terluka. Insiden terburuk terjadi pada 1990, ketika 1.426 jemaah haji tewas terinjak-injak di terowongan saat pejalan kaki yang penuh sesak berjalan menuju Mekah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji tragedi mina

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top