Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Pernah Kawin, Ular Betina Ini Melahirkan Dua Kali

Aneh tapi nyata, sekor ular di kebun binatang Amerika Serikat, telah melahirkan untuk kedua kalinya dalam dua tahun meskipun tidak pernah kawin.
Ular/Istimewa
Ular/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA-- Aneh tapi nyata, sekor ular di kebun binatang Amerika Serikat, telah melahirkan untuk kedua kalinya dalam dua tahun meskipun tidak pernah kawin.

Ular air jenis yellow-bellied, penghuni Cape Girardeau Conservation Nature Center di Missouri, pertama kali bereproduksi sendiri pada tahun 2014 dan kedua pada musim panas ini.

Petugas menemukan ular tersebut beranak pada Juli, padahal ular tersebut tidak hidup dengan pejantan hampir selama delapan tahun selama hidup di penangkaran.

Seperti yang dilansir The Independent, Jumat (18/9/2015), , peristiwa ular melahirkan tanpa kawin tersebut adalah kasus pertama yang diketahui dalam jenis ular dan hal tersebut membuat terkejut para ilmuwan.

Departemen Konservasi herpetologis, Jeff Briggler, mengatakan fenomena tersebut disebut partenogenesis, di mana keturunan berkembang dari telur yang tidak dibuahi, jarang namun dapat terjadi pada beberapa spesies.

Teori lain, yang dianggap mustahil tetapi bukan tidak mungkin, adalah bahwa ular telah menyimpan sperma dari waktunya di alam liar. Tapi sperma biasanya mati setelah satu tahun.

AJ Hendershott, dari departemen konservasi, mengatakan ada beberapa kebanggaan dalam memiliki ular pertama dari spesies yang bereproduksi melalui partenogenesis.

"Ini adalah cara Anda membuat penemuan ketika Anda menjaga hal-hal di penangkaran Anda belajar hal-hal tentang apa yang mereka mampu."

Diketahui bayi kedua dari ular tersebut, tidak berhasil bertahan hidup. Sementara, bayi ular pertama yang dilahirkan setahun lalu, masih ada dan kini disimpan di di pusat penangkaran, sekitar 100 mil selatan dari St. Louis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper