Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dalami Kasus, Panja Pelindo akan 'Terbang' ke Hong Kong

Perpanjangan konsesi antara PT Pelindo II dengan HPH telah melanggar UU No.17/2008. Bahkan, Panja telah mengungkapkan tiga Menteri Perhubungan pernah meminta Dirut Pelindo II untuk membatalkan konsesi tersebut.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 18 September 2015  |  15:52 WIB
Dirut Pelindo II R.J. Lino (helm putih berkacamata) mendatangi para pemrotesnya yang dimotori oleh Serikat Pekerja JICT, Selasa (28/7/2015) sambil dikawal oleh aparat kepolisian. - JIBI Photo/Akhamad Mabrori
Dirut Pelindo II R.J. Lino (helm putih berkacamata) mendatangi para pemrotesnya yang dimotori oleh Serikat Pekerja JICT, Selasa (28/7/2015) sambil dikawal oleh aparat kepolisian. - JIBI Photo/Akhamad Mabrori

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia kerja Pelindo II yang dibentuk Komisi VI DPR tidak menutup kemungkinan datang ke Hong Kong untuk menggali informasi langsung dari Hutchison Port Holdings terkait masalah perpanjangan konsesi.

Ketua Komisi VI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menyampaikan perpanjangan konsesi antara PT Pelindo II dengan HPH telah melanggar UU No.17/2008. Bahkan, Panja telah mengungkapkan tiga Menteri Perhubungan pernah meminta Dirut Pelindo II untuk membatalkan konsesi tersebut.

“Semua pihak akan dipanggil ke Panja. Besar kemungkinan kami akan datang ke Hong Kong melihat HPH. Kontrak ini melibatkan banyak pihak. Tidak tertutup nama-nama yang disebutkan dalam konsesi ini akan kita undang ke Panja juga kementerian teknis,” ungkap Hafisz dikutip dari situs resmi DPR, Jumat (18/9/2015).

Bila ditemukan indikasi pelanggaran UU, maka konsesi tersebut harus dibatalkan demi hukum. “Kita baru bicara UU belum bicara materi dari perpanjangan kontrak tersebut,” katanya.

Panja akan menitikberatkan tiga masalah mengenai perpanjangan konsesi, pengadaan mobile crane, dan soal etika pejabat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii komisi vi
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top