Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM: 4 Warga Malaysia Meninggal. Korban Asal Indonesia Bertambah Jadi 10 Orang

Jumlah korban meninggal akibat tumbangnya crane di Masjidil Haram bertambah. Jamaah asal Indonesia yang meninggal dikabarkan bertambah menjadi 10 orang. Sementara itu, Malaysia melaporkan 4 warganya menjadi korban.
Crane ambruk di Mekah menimpa jemaah yang sedang melakukan ibadah Haji./theguardian.com
Crane ambruk di Mekah menimpa jemaah yang sedang melakukan ibadah Haji./theguardian.com

Bisnis.com, KUALA LUMPUR –Jumlah korban meninggal akibat tumbangnya crane di Masjidil Haram bertambah. Jamaah asal Indonesia yang meninggal dikabarkan bertambah menjadi 10 orang. Sementara itu, Malaysia melaporkan 4 warganya menjadi korban.

Selain menewaskan 7 warga Indonesia, info terakhir menyebutkan ada 3 korban tewas lainnya, musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram juga merenggut 4 jamah haji asal Malaysia. Empat dari delapan jamaah haji Malaysia yang hilang dalam tragedi kren tumbang di Masjidil Haram, Mekkah pada Jumat (11/9) ditemukan tewas.

Menteri pada Kantor Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Jamil Khir Baharom mengatakan keempat korban teridentifiasi setelah pihak Tabung Haji (TH) mendapat izin pemerintah setempat untuk melakukan identifikasi di rumah sakit Arab Saudi.

"Hari ini (Minggu, 13/9) merupakan hari pertama TH diizinkan melakukan proses identifikasi jenazah melalui 108 gambar yang dipaparkan pada pukul 10.30 pagi waktu setempat atau 3.30 waktu Malaysia," kata Jamil Khir seperti dikutip berbagai media setempat, Senin (14/9/2015).

Seorang lagi jamaah yang hilang, Abdul Muluk Ishak, 71, yang berasal dari Pantai Remis, Perak ditemukan selamat setelah tersesat bersama rombongan jamaah haji asal Thailand," kata Jamil Khir.

Pihak TH akan meneruskan usaha mencari tiga lagi jamaah yang hilang dan melakukan proses identifikasi jenazah untuk kedua kalinya pada Senin.

Insiden tumbangnya kren di Masjidil Haram tersebut menewaskan 107 jamaah haji dan lebih 230 orang lagi cidera.

Sepuluh jamaah haji Malaysia cidera dalam tragedi tersebut.

Sementara itu, pemakaman tujuh jenazah jamaah calon haji Indonesia direncanakan berlangsung di pemakaman umum, Sharaya, Makkah.

"Kami sudah menyampaikan ke Muassasah (semacam institusi yang melayani akomodasi jamaah haji) tentang jamaah Indonesia yang meninggal," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1436H/2015M Arsyad Hidayat, pada jumpa pers dengan tim Media Center Haji, di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (13/9).

Menanggapi kemungkinan jenazah korban dikuburkan di Indonesia, Arsyad mengatakan selama ini korban yang meninggal di Tanah Suci selalu dimakamkan di Arab Saudi.

"Selama ini kalau ada yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi, sedangkan (meninggal) di Makkah dimakamkan di Sharaya," ujarnya.

Ketujuh jamaah haji asal Indonesia itu adalah:

  1. Iti Rasti Darmini, JKS-023
  2. Masnauli Sijuadil Hasibuan, MES-009
  3. Painem Dalio Badullah, MES-008
  4. Saparini Baharuddin Abdullah, MES-008
  5. Nurhayati Rasad Usman, PDG-004
  6. Ferry Mauludin Arifin, JKS-012
  7. Adang Joppy Lili, JKS-016.

Sementara itu, 3 WNI lainnya yang dikabarkan meninggal adalah:

  1. Sriyana Marjosihono No Paspor B1188078 asal SOC 27
  2. Masadi Saiman Tarimin No Paspor V222619 asal SUB 38
  3. Siti Rukayah Abdu Samad No Paspor A2714350 kloter SUB 39

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper