Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecelakaan Kapal Migran di Libya, Sudah 76 Dipastikan Tewas

Setidaknya sudah 76 orang yang ditemukan tewas setelah sebuah kapal pembawa ratusan migran dan pengungsi tenggelam di perairan Libya, kata Bulan Sabit Merah pada Jumat (28/8/2015).
Seorang pekerja Palang Merah Libya memeriksa jasad korban kecelakaan kapal yang ditumpangi para migran di perairan Zuwara/Reuters-Hani Amara
Seorang pekerja Palang Merah Libya memeriksa jasad korban kecelakaan kapal yang ditumpangi para migran di perairan Zuwara/Reuters-Hani Amara

Kabar24.com, ZUWARA, LIBYA - Setidaknya sudah 76 orang yang ditemukan tewas setelah sebuah kapal pembawa ratusan migran dan pengungsi tenggelam di perairan Libya, kata Bulan Sabit Merah pada Jumat (28/8/2015).

Sementara itu, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Penangan Pengungsi (UNHCR), mengatakan 200 orang yang berada di dua kapal dikhawatirkan meninggal di dekat pelabuhan barat Zuwara.

"Hingga kini, 78 jenazah sudah diangkat dari laut dan 198 orang sudah diselamatkan. Masih ada orang-orang yang hilang, tetapi kita tidak tahu berapa banyak," kata juru bicara Bulan Sabit Merah Libya, Mohammad al-Misrati.

Dia menambahkan bahwa data soal jumlah orang yang tewas atau diselamatkan datang dari cabang Bulan Sabit Merah setempat, fasilitas-fasilitas medis di Zuwara serta dari badan penjaga pantai Libya.

Di Jenewa, juru bicara UNHCR Melissa Fleming mengatakan kepada para wartawan bahwa kedua kapal berpenumpang total 500 pengungsi dan migran tenggelam.

"(Badan) penjaga pantai Libya melancarkan operasi penyelamatan pada Kamis pagi di perairan kota pelabuhan Zuwara," ujarnya.

"Kami mendengar laporan media bahwa ada sekitar 100 orang yang selamat. Kantor kami di Libya sedang melakukan pemeriksaan dengan penjaga pantai... Kami yakin 200 orang masih hilang, dikhawatirkan meninggal."

Tim-tim Bulan Sabit dengan mengenakan pakaian pelindung berwarna putih serta masker pada Jumat memunguti jenazah-jenazah yang hanyut di sebuah pantai Zuwara dan memasukkan jenazah ke dalam kantong-kantong plastik oranye dan kemudian mengangkutnya ke mobil-mobil ambulans.

Seddik Said, kepala tim bersama penanggulangan krisis, mengatakan kepada AFP di lokasi bahwa, menurut orang-orang yang selamat, sekitar 400 orang berada di kapal utama dan 60 lainnya di kapal lebih kecil yang tenggelam pada Rabu (26/8/2015).

"Sulit mendapatkan jumlah yang sebenarnya. Bahkan menyangkut orang yang meninggal, kami hanya bisa memberikan jumlah berdasarkan jenazah yang kami temukan," katanya.

Dia mengatakan misi-misi mengerikan itu sekarang dilangsungkan secara berkala. "Setiap minggu, puluhan orang meninggal di depan pantai ini," ujarnya.

Salah seorang migran yang berhasil diselamatkan mengaku dia dan dua temannya masing-masing membayar 1.200 dinar Libya (Rp22,4 juta) untuk bisa berangkat dengan kapal itu.

Libya, dengan garis pantai sepanjang 1.770 kilometer, telah bertahun-tahun menjadi batu loncatan bagi warga-warga Afrika yang mencari kehidupan lebih baik di Eropa, sebagian besar menuju Italia.

Konflik di Timur Tengah, terutama di Suriah, juga menjadikan Libya sebagai negara transit bagi mereka yang pergi menyelamatkan diri dari kekerasan di kawasan itu.

Penyeberangan Mediterania itu berbahaya dan, tahun ini saja, sudah sekitar 2.500 orang yang kehilangan nyawa di lautan ketika berupaya mencapai Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper