Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Tata Niaga, Daerah di Bali Sepakat Kerja Sama

Untuk menjaga tata niaga perdagangan, seluruh kabupaten dan kota di Bali sepakat menandatangani nota kesepahaman kerja sama perdagangan antardaerah.
Bali. /PD Pasar Kota Denpasar
Bali. /PD Pasar Kota Denpasar

Kabar24.com, DENPASAR - Untuk menjaga tata niaga perdagangan, seluruh kabupaten dan kota di Bali sepakat menandatangani nota kesepahaman kerja sama perdagangan antardaerah.

Nota kesepahaman ini merupakan langkah awal inisiasi perdagangan antardaerah antara PD Pasar Kota Denpasar, PD Pasar Kabupaten Badung, dan PD Pasar Kabupaten Buleleng.

Adapun tujuan kesepahaman tersebut demi menjaga‎ dan meningkatkan ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi hasil pertanian khususnya komoditas bahan pangan pokok. 

Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Dewi Setyowati menegaskan langkah itu dapat mendorong terciptanya struktur pasar dan tata niaga yang kompetitif dan efisien, khususnya komoditas kebutuhan pokok masyarakat

"Sehingga dapat mengurangi tekanan disparitas harga antar kabupaten dan mendukung pengendalian inflasi daerah yang rendah dan stabil di Provinsi Bali," tuturnya, Kamis (27/8/2015).

Menurutnya, dengan pembentukan tersebut maka akan lebih mudah melakukan koordinasi yang intensif untuk menjamin ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi kebutuhan bahan pangan pokok antar Kabupaten di Provinsi Bali.

Pihaknya mengungkapkan TPID akan melakukan‎ mitigasi potensi risiko inflasi untuk memastikan konsistensi dan transparansi mekanisme penetapan harga. Pasalnya, perkiraan masuknya El Nino dikhawatirkan memberikan dampak sehingga harus diantisipasi.

Langkah itu diambil untuk mengurangi ketidakpastian dan ekspektasi inflasi yang berlebihan, termasuk melakukan operasi pasar atau pasar murah secara berkesinambungan apabila terdapat kenaikan komoditas tertentu.

"Semoga dengan respon aktif dari TPID dalam pengendalian inflasi tersebut di atas, harga-harga pada Agustus tetap terkendali dengan baik sehingga akan mendukung kesejahteraan masyarakat Bali," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper