Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Salip China Sebagai Penduduk Terbanyak Dunia pada 2022

Sebuah penelitian baru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai tren populasi dunia memprediksi bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan penduduk terbanyak pada 2022.

Bisnis.com, JAKARTA--Sebuah penelitian baru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai tren populasi dunia memprediksi bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan penduduk terbanyak pada 2022.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Nigeria akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara terpadat ketiga di dunia pada 2050. Selain itu, lebih dari setengah dari pertumbuhan penduduk dunia selama 35 tahun ke depan diperkirakan akan terjadi di Afrika.

"Pertumbuhan penduduk di negara-negara termiskin memiliki tantangannya tersendiri, sehingga lebih sulit untuk memberantas kemiskinan dan ketidaksetaraan, memerangi kelaparan dan kekurangan gizi," kata John Wilmoth, Direktur Divisi Populasi PBB seperti dikutip Jumat (31/7/2015).

Pada bagian lain dari penelitian itu disebutkan bahwa populasi 28 negara Afrika diprediksi akan meningkat lebih dari dua kali lipat.

Lebih lanjut, populasi dunia saat ini berkisar sekitar 7,3 miliar dan jumlah ini diperkirakan akan mencapai 9,7 miliar pada 2050 dan 11,2 miliar pada 2100, ungkap laporan tersebut.

Laporan PBB itu menunjukkan India kemungkinan akan mengungguli jumlah penduduk Cina enam tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Indonesia juga diperkirakan akan merupakan negeri yang paling pesat pertumbuhan penduduknya.

Setengah dari pertumbuhan penduduk dunia antara 2015 dan 2050 diperkirakan akan terpusat di sembilan negara yakni India, Nigeria, Pakistan, Kongo, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia dan Uganda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : bbc.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper