Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! 22 Jurnalis Ikut Ekspedisi ke Puncak Carstensz

Sebanyak 22 junalis dari dalam dan luar negeri akan berpartisipasi dalam Journalist to Carstensz yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-70.
Pendaki tengah menuju Carstensz Pyramid/eightsummits.com
Pendaki tengah menuju Carstensz Pyramid/eightsummits.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 22 junalis dari dalam dan luar negeri akan berpartisipasi dalam Journalist to Carstensz yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-70.

Ketua Yayasan Somatua Maximus Tipagau mengatakan ekspedisi yang dilakukan dari 10-19 Agustus 2015 itu diharapkan mampu mempromosikan potensi pariwisata Papua, sehingga dapat merangsang pembangunaan infrastruktur, termasuk pemberitaan positif mengenai Papua. 

“Kami sadar bahwa sektor pariwisata bisa menciptakan dan meningkatkan keamanan, serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat Papua. Selama ini yang mendatangi Carstensz hanya dari pecinta alam. Kami ingin adanya pandangan lain, sehingga masyarakat luas bisa lebih mengetahui tentang keindahan Papua,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/7/2015).

Kegiatan tersebut akan menyambangi berbagai tujuan wisata minat khusus yang memiliki nilai budaya tinggi. Akan ada pula pencanangan pariwisata minat khusus Puncak Carstensz serta kegiatan pemecahan rekor jambore panjat tebing internasional pertama di Indonesia di Lembah Danau-Danau.

Selain itu, pengibaran Sang Merah Putih dan peletakan prasasti merah putih akan dilakukan sebagai wujud kedaulatan NKRI. Upacara bendera nantinya akan dilakukan di bawah kaki Puncak Carstensz, yaitu Zebra Wall. 

Ekspedisi Journalist to Carstensz merupakan kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman, serta PT Freeport atas inisiasi dari Yayasan Somatua.

Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya merupakan satu dari tujuh gunung di muka Bumi yang paling diidamkan pendaki dari seluruh dunia. Tujuh puncak gunung yang menjadi incaran para wisatawan minat khusus dikenal sebagai The Seven Summit, yaitu Puncak Aconcagua (6.961 m) di Argentina-Amerika Latin, Puncak Everest (8.848 m) di Himalaya-Nepal, Puncak Elbrus (5.642 m) di Rusia, Puncak Kilimanjaro (5.895 m) di Tanzania-Afrika, Puncak McKinley (6.194 m) di Alaska-Amerika, dan Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid (4.884 m) di Papua-Indonesia.

Carstenz Pyramid sangat dikenal oleh para wisatawan petualang. Gunung ini memiliki ketinggian 4.844 meter di atas permukaan laut dan dalam bahasa lokalnya bernama Mbainggelah. Adapun jalur pendakian ke Carstensz yang umum ialah Sugapa-Ugimba-Tambua-Carstensz, yang memungkinkan pendaki untuk mampir ke desa wisata Ugimba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper