Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekalongan Selenggarakan Pekan Batik dan Inovasi 2015

Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan pekan batik dan inovasi Kota Pekalongan 2015.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 30 Juli 2015  |  21:49 WIB
Wali Kota Pekalongan Muhammad Basyir Ahmad dan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan saat membuka pekan batik dan inovasi Kota Pekalongan 2015 - Oktaviano DB Hana
Wali Kota Pekalongan Muhammad Basyir Ahmad dan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan saat membuka pekan batik dan inovasi Kota Pekalongan 2015 - Oktaviano DB Hana

Bisnis.com, PEKALONGAN - Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan pekan batik dan inovasi Kota Pekalongan 2015.

Wali Kota Pekalongan Muhammad Basyir Ahmad mengungkapkan kegiatan tersebut akan terdiri sejumlah agenda penting, seperti pameran batik, teknologi dan kreasi, serta pameran kuliner khas pantai utara Jawa.

Ajang ini pun, jelasnya, tidak hanya melibatkan masyarakat kreatif Pekalongan. "Tidak hanya dari Pekalongan, dari belahan Nusantara dan juga dari luar negeri," ungkap ha di sela-sela seremoni pembukaan, Kamis (30/7/2015) 

Pameran dengan rangkaian serupa, sambungnya, nanti akan secara rutin dilaksanakan. Secara rutin meresmikan teknologi dan kreasi.

Basyir menuturkan kegiatan tersebut juga menjadi kewajiban bagi Kota Pekalongan setelah pada 1 Desember 2014, secara resmi dinobatkan UNESCO sebagai salah satu kota kreatif dunia. Kota Pekalongan dan 27 kota lain dari 19 akhirnya menggenapi Jaringan Kota Kreatif Dunia UNESCO yang saat ini beranggotakan 69 kota.

Pekalongan menjadi kota pertama di Indonesia, dan bahkan di Asia Tenggara, yang menjadi anggota jejaring tersebut, dengan kategori kreatif Crafts & Art Folks.

"Ke depan, Kota Pekalongan dan jejaring kota kreatif dunia perlu terus melakukan kegiatan seperti ini, sebagai syarat untuk pnilaian selanjutnya," ungkapnya.

Pemkot Pekalongan, sambungya, dengan bekerjasama dengan  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal juga menyelenggarakan festival kuliner khas jalur pantai utara dengan mengusung sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Berbagai masakan dan jajanan khas pantura, seperti garang asem, nasi uwet, soto tauco, dan tahu aci disajikan festival ini.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan membuka pekan batik dan inovasi Kota Pekalongan 2015. Anies berharap apa yang menjadi kekhasan Kota Pekalongan tersebut dapat tetap dipertahankan.

"Itu menjadi bukti kreativitas masyarakat Kota Pekalongan yang telah turun temurun. Semoga kegiatan ini menjadi milestone untuk melihat kembali pencapaian selama ini," ugkapnya.

Adapun, Festival  tersebuvmulai digelar hari ini, Kamis (30/7/2015) hingga Senin (3/8/2015) di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah pekalongan
Editor : Bastanul Siregar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top