Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumen Optimistis Ekonomi Jateng Semester II/2015 Lebih Baik

Konsumen di Jawa Tengah optimistis terhadap kondisi ekonomi regional selama semester II/2015, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan meningkat.
Petugas kepolisian menghentikan truk di jalan jalur Pantura Kudus-Pati, Jawa Tengah, Senin (13/7)./Antara-Yusuf Nugroho
Petugas kepolisian menghentikan truk di jalan jalur Pantura Kudus-Pati, Jawa Tengah, Senin (13/7)./Antara-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, SEMARANG – Konsumen di Jawa Tengah optimistis terhadap kondisi ekonomi regional selama semester II/2015, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan meningkat.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ananda Pulungan mengatakan hal itu tercermin pada hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Juni 2015.

Dia menuturkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada bulan tersebut tercatat  sebesar 133,1 pada atau naik 5,8 poin dari bulan sebelumnya.

Penguatan IEK didorong oleh peningkatan seluruh indeks pembentuknya, yaitu indeks ekspektasi penghasilan konsumen, indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

“Masing-masing masing-masing naik 8,2 poin, 4,4 poin dan 4,7 poin,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (13/7/2015).

Sebelumnya, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi regional Jawa Tengah sepanjang 2015 akan bertumbuh di kisaran 5,7% atau tetap lebih tinggi di atas capaian nasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng Iskandar Simorangkir menuturkan pihaknya memproyeksikan ekonomi Jateng pada kuartal II/2015 akan bertumbuh 5,7% atau lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,5%.

Pada kuartal kedua tahun ini, jelasnya, pertumbuhan ekonomi disokong peningkatan konsumsi baik swasta maupun pemerintah serta  investasi. Peningkatan konsumsi masyarakat juga akan terjadi seiring dengan datangnya Ramadan dan Idul Fitri pada akhir triwulan II.

Iskandar menuturkan pihaknya optimisitis ekonomi Jateng akan terus bertumbuh pada semester II/2015 dengan didukung oleh realisasi invetasi dan belanja pemerintah yang akan dipacu.

Di sisi lain, sambungnya, konsumsi atau pengeluaran masyarakat akan meningkat pada perhelatan pemilihan umum kepala daerah di Jateng. Pada tahun ini tercatat 21 dari total 35 kota/kabupaten di Jateng akan menyelenggarakan pilkada.

 “Triwulan III/2015 akan lebih tinggi, sekitar 5,8%. Capaian yang sama akan terjadi pada kuartal IV/2015, sehingga bisa mencapai 5,7% pada akhir tahun,” ungkapnya.

Dengan begitu, Iskandar meyakini pertumbuhan ekonomi regional Jateng pada 2015 akan mencapai 5,7%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper