Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Inflasi, Bulog Sumut Operasi Pasar Bawang Merah

Perum Bulog Divisi Regional Sumatra Utara bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumut mulai hari ini (23/6/2015) menggelar operasi pasar bawang merah di beberapa pasar tradisional untuk mengendalikan inflasi jelang Lebaran.

Kabar24.com, MEDAN--Perum Bulog Divisi Regional Sumatra Utara bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumut mulai hari ini (23/6/2015)  menggelar operasi pasar bawang merah di beberapa pasar tradisional untuk mengendalikan inflasi jelang Lebaran.

Adapun, titik pertama yang menjadi tujuan operasi pasar yakni Pasar Petisah. Bulog Sumut membandrol harga bawang merah Rp25.000 per kg, di bawah harga pasar yang masih cukup tinggi pada kisaran Rp30.000-Rp32.000.

Kepala Bulog Sumut Fasika Khaerul Zaman menuturkan, pada tahap awal, pihaknya dan TPID Sumut sepakat untuk menggelontorkan seluruh stok bawang merah yang ada di gudang yakni 3 ton.

"Dari total 3 ton bawang merah, sebanyak 1 ton kami alokasikan untuk operasi pasar di Medan, sementara sisanya sudah kami distribusikan kepada Bulog di seluruh sub divre di Sumut seperti Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Sibolga, Gunung Sitoli dan Kisaran," kata Fasika, di sela-sela operasi pasar, Selasa (23/6/2015).

Lebih lanjut, dia menyebutkan, Bulog Sumut akan terus membeli bawang merah lokal asal Kabupaten Karo. Per hari, Bulog akan menyediakan 200 kg bawang merah per pasar. Beberapa pasar yang menjadi tujuan selain Petisah yakni, Pusat Pasar, Sukaramai, Aksara, dan Brayan.

Selain di pasar tradisional, Bulog Sumut juga akan berkeliling menggunakan mobil menjual berbagai komoditas yakni beras, cabai merah, dan bawang merah.

"Kami seperti biasa akan berkeliling di SKPD. Kami perkirakan stk untuk operasi pasar akan habis pada minggu ini juga. Minggu depan, pertengahan, stok akan datang kembali 1,5 ton masih dari Karo," tambah Fasika.

Dia menjelaskan, saat ini Bulog Sumut mempelajari cara penyimpanan bawang merah di gudang dari Brebes. Adapun, saat ini penyimpanan bawang merah di gudang Bulog bisa bertahan 2-3 bulan.

Operasi pasar, kata Fasika, hanya merupakan salah satu opsi untuk meredam inflasi pada bulan ini. Kendati demikian, untuk jangka panjang, Bulog Sumut dan TPID Sumut telah bekerja sama menerapkan Kalender Pangan. Adapun, program ini ditujukan untuk mengetahui kapan dan di mana terdapat panen. Beberapa komoditas yang dipantau yakni beras, cabai merah, dan bawang merah.

"Yang paling tinggi kenaikan harganya pada bulan ini ya cabai merah dan bawang merah. Tapi kami juga perlu mewaspadai beras. Kenaikannya memang tidak tinggi, tapi andilnya besar dalam inflasi bulanan. Kenaikan harga beras juga bisa memicu komoditas lain naik harganya," kata Fasika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper