Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahasiswa ITS Ciptakan Pupuk dari Cangkang Telur

Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan alat penghacur limbah cangkang telur untuk menjadi bahan pupuk berupa water soluble calcium.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 22 Juni 2015  |  17:06 WIB
Cangkang telur - Ilustrasi
Cangkang telur - Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan alat penghacur limbah cangkang telur untuk menjadi bahan pupuk berupa water soluble calcium.

Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) tersebut di antaranya adalah Niki Entruly, Aisyah Dewi Muthi'ah, Lintang Delia Putri, Redhian Yoga Putranto dan Moch Ilham Riswanda. Mereka menciptakan alat tersebut berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2015.

“Kami membuat karya ini dengan judul For-Eggs : Mesin Pembuat Water Soluble Calcium sebagai solusi pengolahan limbah,” kata Niki dalam siaran pers, Senin (22/6/2015).

Adapun, mesin For-Eggs tersebut memiliki dua sistem kerja, yakni seperti sistem kerja penggilingan kopi sebagai penghancur cangkang, sedangkan sistem kerja heater sebagai pengering cangkang telur. Mesin tersebut pada akhirnya menghasilkan water soluble calcium yang mengandung nutrisi kalsium.

“Selama ini sampah organik di dapur kantin kampus kami kurang dimanfaatkan secara maksimal, padahal sekitar 97% cangkang telur mengandung kalsium dan berpotensi menjadi bahan untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit layu Furasium,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kandungan kalsium dalam cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan tanaman seperti tomat dan padi.

Dalam program ITS Urban Farming, alat tersebut diyakni dapat megurangi biaya pengeluaran pupuk untuk lahan tanaman di ITS Urban Farming serta membantu meningkatkan kualitas produk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inovasi pupuk its
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top