Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angola & China Perluas Kerjasama

Angola dan China akan memperluas hubungan kedua negara dari sebatas ketergantungan pada minyak. Pada kunjungannya ke China, Presiden Angola Jose Eduardo Dos Santos telah mendorong upaya kerjasama antar kedua negara di bidang perdagangan, transportasi, listrik dan keuangan.
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

BEIJING—Angola dan China akan memperluas hubungan kedua negara dari sebatas ketergantungan pada minyak. Pada kunjungannya ke China, Presiden Angola Jose Eduardo Dos Santos telah mendorong upaya kerjasama antar kedua negara di bidang perdagangan, transportasi, listrik dan keuangan.

Berdasarkan laporan Bloomberg, satu diantara kerjasama tersebut dikabarkan Industri & Commercial Bank of China Ltd akan menyediakan pinjaman senilai US$ 840 juta untuk pembangunan pembangkit listrik di Angola.

Sebagai eksportir minyak terbesar kedua di Afrika, Angola berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil untuk pendapatan di tengah kemerosotan harga global. Ekspor minyak mentah Angola ke China turun 7,5% pada kuartal pertama tahun ini menjadi 9,9 juta ton, menurut China Energy News.

Sekitar 72% dari penerimaan pajak Angola adalah dari minyak pada tahun 2014 dan pemerintah berencana untuk menurunkan angka menjadi 42% tahun ini dengan aturan baru dan dengan meningkatkan pertanian, manufaktur dan pertambangan. Defisit perdagangan ketujuh terbesar di China adalah dengan negara Afrika pada 2014 dan tetap menjadi sumber terbesar kedua minyak mentah impor untuk China.

Perdagangan bilateral antara China dan Angola tahun lalu mencapai angka US$ 37 miliar jumlah yang cocok jika dikombinasikan perdagangan Angola dengan 10 mitra terbesar berikutnya, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Angola juga telah meminta China untuk moratorium dua tahun atau lebih pada membayar pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper