Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disebut Sebagai Pemicu Gempa di Malaysia, Rombongan Turis Bule Ditahan

Sekelompok turis bule yang bugil di puncak Gunung Kinabalu, Malaysia, dilarang meninggalkan negeri itu.
Gunung Kinabalu/theplanetd.com
Gunung Kinabalu/theplanetd.com

Bisnis.com, KINABALU - Sekelompok turis bule yang bugil di puncak Gunung Kinabalu, Malaysia, dilarang meninggalkan negeri itu.

Otoritas setempat menilai tindakan mereka itu sebagai sikap "tidak menghormati gunung" dan diduga menyebabkan gempa bumi yang menewaskan sedikitnya 13 orang, pekan lalu.

Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang pesisir barat Sabah, Jumat pekan lalu. Sebagian lereng Gunung Kinabalu longsor. Hingga kini, sedikitnya 13 pendaki dipastikan tewas.

Gempa terjadi sepekan setelah sekelompok turis asing, terdiri atas dua warga Kanada, dua Belanda, dan seorang Jerman, memisahkan diri dari rombongan lalu berbugil di atas puncak Gunung Kinabalu sebelum berfoto.

Foto bugil para turis tersebut beredar di dunia maya dan menimbulkan kemarahan warga Sabah, yang menganggap aksi mereka mengotori kesucian Gunung Kinabalu dan membuat roh penunggu gunung itu murka.

Deputi Menteri Besar Sabah Tan Sri Joseph Pairin Kitingan mengatakan turis yang tidak menghormati gunung akan dikenai hukuman sesuai dengan hukum pribumi. “Terserah apakah orang percaya hal ini atau tidak, kami warga Sabah yakin. Gempa bumi seperti memastikan keyakinan kami. Ada kaitannya,” kata Kitingan seperti dilansir beberapa media Malaysia.

"Kita harus menjadikan ini sebagai peringatan bahwa kepercayaan dan adat setempat harus dihormati."

Komisioner kepolisian Sabah, Datuk Jalaluddin Hassan, mengatakan polisi telah mengidentifikasi kelima turis itu, dan mereka akan dilarang meninggalkan Malaysia. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada, Nicolas Doire, memastikan dua warga Kanada dilarang meninggalkan Malaysia dan pihaknya telah memberikan bantuan konsuler.

Suku Kadazan, yang mendiami kawasan sekitar Gunung Kinabalu, berencana menggelar upacara untuk meredakan kemarahan roh penunggu Gunung Kinabalu dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper