Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOWONGAN KERJA: Bursa Kerja di Tangerang Diserbu Lulusan SMA

Penyelenggaraan Bursa Kerja 2015 di Mal Tangerang City hari pertama dipadati para pencari kerja hingga ruas area yang dipakai untuk menggelar booth sukar dilewati dari semua arah.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, TANGERANG- Penyelenggaraan Bursa Kerja 2015 di Mal Tangerang City hari pertama dipadati para pencari kerja hingga ruas area yang dipakai untuk menggelar booth sukar dilewati dari semua arah.

Mayoritas pencari kerja yang datang agaknya berusia di bawah 20 tahun. Mereka rerata lulusan SMA/SMK sederajat yang baru menyelesaikan pendidikannya pada tahun ini.

"Semakin banyak yang datang menunjukkan banyaknya pencari kerja di Tangerang. Semakin banyak lowongan yang bisa terserap maka pengangguran bisa semakin berkurang," kata Panitia Penyelenggara Bursa Kerja 2015 Umar Dani, di Tangerang, Selasa (26/5/2015).

Acara yang digagas Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang ini menyediakan 17.478 lowongan. Adapun lowongan untuk di dalam negeri sekitar 11.185 dan 6.293 lainnya untuk bekerja di luar negeri.

Umar menyatakan jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pada Bursa Kerja 2014, Dinasker Kota Tangerang menyediakan sekitar 6.561 lowongan kerja terdiri dari 4.575 lowongan di dalam negeri dan 1.986 lowongan di luar negeri.

Efektifitas bursa kerja seperti ini salah satunya terletak pada kualifikasi yang dimiliki pencari kerja. Kualifikasi yang ditetapkan perusahaan tidak bisa dipenuhi pencari kerja sehingga sebanyak apapun lowongan yang tersedia tak bisa seluruhnya terserap.

"Banyak lowongan tetapi kadang kualitas pendidikannya tidak sesuai, jadi tidak bisa masuk kualifikasi," ucap Umar.

Untuk mengakomodir pencari kerja dalam cakupan yang lebih luas digelar pula bursa kerja di tingkat kecamatan. Tapi cuma sepuluh perusahaan yang terlibat dan hanya ada di dua kecamatan, yakni Jati Uwung dan Cibodas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper